Wajib Pendidikan Dasar 13 Tahun

Wajib Pendidikan Dasar 13 Tahun
0 Komentar

Diawali PAUD Sebelum Masuk SD

PURWAKARTA-Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendorong wajib sekolah di Indonesia dari mulanya 12 tahun menjadi 13 tahun. Wajib pendidikan dasar 13 tahun ini masuk ke dalam revisi undang-undang yang hari ini masih dalam tahap pembahasan bersama pemerintah.

“Satu tahunnya kita tarik ke bawah. Semua orang tua wajib sekolahkan anak-anaknya ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebelum masuk ke SD,” kata Syaiful Huda usai membuka Workshop Pendidikan di Hotel Harper By Aston Purwakarta, Kamis (2/2).

Menurutnya, wajib pendidikan dasar menjadi 13 tahun sangat penting karena peserta didik akan mendapatkan profil kemampuan akademik lebih baik sebelum masuk ke jenjang berikutnya.

Baca Juga:Baznas Akan Dirikan Klinik Anak GratisOtakudesu, Situs Nonton Anime Legal atau tidak?

“PAUD itu masa belum terlambat, kalau melakukan perubahnnya jenjang SMA itu sulit karena golden age (usia emas) sudah lewat,” ujarnya menjelaskan.

Dirinya mengatakan, pemerintah harus hadir dalam sistem baru ini meski dalam merubah ini ada konsekuensi dan banyak turunannya. Di antaranya adalah pemerintah harus merevitalisasi banyak hal terutama mencari terobosan terkait kompetensi para guru PAUD.

“PAUD akan menjadi jenjang awal pendidikan di Indonesia. Ini baru rencana tapi perlu direalisasikan dan kami bersama Kemendikbud menjadi konsen bersama soal wajib pendidikan menjadi 13 tahun ini,” ucap Syaiful Huda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengaku mendukung rencana sekolah pendidikan dasar menjadi 13 tahun, dan PAUD Menjadi wajib sebelum anak masuk ke SD.

Karena, sambungnya, anak usia PAUD merupakan usia emas yang harus didik dengan benar untuk meningkatkan perkembangan pada anak diusia dini.

“Kami mendukung rencana itu karena akan menghasilkan hal positif dalam dunia pendidikan. Di Purwakarta sendiri jumlah sekolah PAUD ada 427 lembaga,” kata Purwanto.(add/sep)

0 Komentar