Pelabuhan Patimban Bangkitkan Ekonomi Pantura

Pelabuhan Patimban Bangkitkan Ekonomi
0 Komentar

Pelaku UMKM Raup Keuntungan

SUBANG-Setelah dibangunnya Pelabuhan Patimban di Pantura Subang Jawa Barat yang dikelola PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI), berdampak baik bagi UMKM di sepanjang jalur pantura.

Salah satunya Novi (25) yang memiliki rumah makan di pinggir jalan raya Pantura. Ia mengatakan, adanya pelabuhan tersebut bisa menguntungkan usaha rumah makannya.

“Dengan adanya Pelabuhan Patimban, alhamdulillah rumah makan saya ramai banyak dikunjungi oleh orang-orang KSOP dan pejabat penting lainnya,” ujarnya kepada Pasundan Ekspres, Senin (6/2).

Baca Juga:Alami Kemajuan Tipologi, Ambu Anne: Tak Ada Lagi Desa TertinggalPolres Dalami Laporan Dugaan Korupsi di PMI

Menurutnya, dalam aspek ekonomi Pelabuhan Patimban berperan sebagai penggerak roda perekonomian. Di mana sektor ekonomi masyarakat perlahan tumbuh.

“Selain usaha saya, di sini juga banyak warga lokal yang memiliki usaha UMKM lain. Karena dirasa banyaknya orang yang datang ke Pelabuhan Patimban pasti nanti akan singgah atau membeli hasil produk umkm warga setempat,” jelasnya.

Senada dengan Novi, pedagang buah yaitu Tati (28) yang berjualan di daerah Kecamatan Pusakanagara juga mengatakan hal yang sama. Adanya pelabuhan tersebut berdampak baik bagi usahanya.

“Alhamdulillah dampaknya kerasa sama saya, suka banyak orang yang mau pada ke pelabuhan terus pulang dari pelabuhan juga mampir ke sini beli buah-buahan. Biasanya buat oleh-oleh atau buat dibawa ke pelabuhan. Karena katanya di pelabuhan gak ada yang jualan juga,” ujarnya.

Tuti mengatakan, setelah berdirinya Pelabuhan Patimban ia bisa menjual 20 kilogram buah-buahan dalam sehari. “Sehari kalau ramai banyak tamu-tamu ke Patimban biasanya habis 20 kg buah-buahan apa aja campur gitu macam-macam,” katanya.

Hal serupa pun dilontarkan oleh pemilik toko kue di Kecamatan Pamanukan yaitu Nany (38). Bahwa dirinya kerap mendapat pesanan snack box dari Pelabuhan Patimban.

“Dari mulai awal pembangunan dan saat ini Pelabuhan Patimban sudah beroperasi, biasanya kalau ada acara pesan snacknya di saya,” ujarnya.

Baca Juga:Dokter Memilih Tugas di Rumah Sakit SwastaCuaca Ekstrem, DKP Imbau Nelayan Tak Melaut

Ia tak menyangka bahwa Pelabuhan Patimban mempercayai toko kue miliknya sebagai penyuplai snack box dan makanan untuk orang-orang dan tamu penting di Pelabuhan Patimban.

“Waktu itu pernah pas kedatangan Presiden Jokowi ke Pelabuhan Patimban, pesan snack boxnya ke saya juga jumlahnya ribuan malah. Saya bersyukur kalau toko kue saya bisa dipercaya oleh orang-orang KSOP dan alhamdulillah snack box daya diterima baik oleh pejabat-pejabat yang ada disana,” ungkapnya.

0 Komentar