Sekda Setiawan Dorong Perangkat Daerah Adaptif Hadapi Generasi Y dan Z

Sekda Setiawan Dorong Perangkat Daerah Adaptif Hadapi Generasi Y dan Z
Sekda Setiawan Dorong Perangkat Daerah Adaptif Hadapi Generasi Y dan Z
0 Komentar

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Forum Perangkat Daerah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Se-Jabar Tahun 2023 yang diselenggarakan 7- 8 Februari 2023 di Novena Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pada kesempatan itu, Sekda Setiawan mengungkap bahwa Forum Perangkat Daerah menjadi agenda tahunan untuk terus menyinergikan visi misi dan program pembangunan di lingkup Pemda Provinsi Jabar dengan visi Juara Lahir dan Batin.

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut tentu tak lepas dari dinamika perkembangan zaman. Paling tidak terdapat tiga disrupsi yang membuat setiap insan wajib beradaptasi dalam situasi ini.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Pertumbuhan Ekonomi Jabar Tertinggi Se-Pulau JawaBaca Manhwa The Demon Prince Goes to the Academy Chapter 22 Sub Indo, Berikut Link Untuk Membaca Chapter 22 Secara Gratis!

“Misalnya, industri 4.0 dan era society 5.0 kini sudah masuk dalam keseharian kita saat ini,” kata Sekda Setiawan, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, mau tak mau, semua insan di sektor apapun ia bekerja dan berkarya harus beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Dalam hal ini Bakesbangpol Jabar yang mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan bidang ideologi dan wawasan kebangsaan dan bidang politik harus memberikan wawasan kepada masyarakat.

Sementara secara demografi, saat ini Jawa Barat dihuni generasi produktif dengan rentang 15- 64 tahun, di mana populasi terbesarnya adalah generasi muda yang terdiri dari generasi Y (1977- 1994), generasi Z (1995- 2010) hingga generasi Alpha (2011- 2024), yang semuanya merupakan _digital native_, yakni mereka yang lahir di lingkungan dan era digital.

“Itulah esensi yang ingin ditekankan. Sebagai _enabler_ penduduk kita ini di Jabar, dihitung 80 persen generasi X, Y, Z sampai generasi Alpha yang terus tumbuh,” ucap Setiawan.

“Saat ini berhadapan dengan generasi yang betul-betul digital. Boleh dikatakan era saat ini adalah _The Golden Age of Digitalization_ sehingga (perangkat daerah) bisa mengembangkan paling tidak informasi kita saat ini dimasukkan secara digital atau dalam bentuk aplikasi,” tuturnya.

Sekda Setiawan pun mengajak perangkat daerah di Jabar untuk adaptif dengan memulai langkah-langkah, termasuk di antaranya transformasi digital.

Baca Juga:Update Terbaru! Link Nonton Tensei Shitara Slime Datta Ken Movie Sub Indo, Berikut Link Untuk Menonton Full Movienya Secara Gratis!Free Link Download CarX Street Racing For Android Latest Version 2023, Klik Disini Untu Mendownload Versi Terbarunya Secara Gratis!

“Ini harus disampaikan di Forum Perangkat Daerah tahun ini karena kita bicara untuk tahun 2024 dan seterusnya,” ucap Setiawan.

Bicara literasi politik, khususnya terkait pemilihan umum (pemilu), bukan tak mungkin ke depan juga akan bergeser dengan basis digital.

0 Komentar