Akselerasi Karir Guru Geografi lewat Menulis

Akselerasi Karir Guru Geografi lewat Menulis
0 Komentar

8. Kenaikan dari IV c ke IV d membutuhkan 14 angka kredit dengan karya ilmiah diatas, minimal ada 1 laporan hasil penelitian dan artikel jurnal ber ISBN dan 1 buku pelajaran/ pendidikan ber ISBN.

Solusi atas problem mendasar tersebut maka MGMP Geografi Solo Raya dan Kalimantan Utara dan diperluas bekerja sama dengan Fakultas Geografi UMS Surakarta mengadakan Webinar Menulis dan Mengaplikasikan drone serta citra satelit dalam pembelajaran geografi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, tgl 11 dan 25 februari — 28 februari 2023 via Zoom Meeting dengan agenda :

1) Pembukaan, 2) Materi 1 : Tips Menulis di Jurnal oleh Jumadi, Ph. D, 3) Materi 2 : Tips Menulis di Jurnal oleh oleh Aditya Saputra, Ph. D, 4)Materi 3 : Tips Membuat Puisi Geografi oleh Agus Anggoro, M. Sc, 5)Materi 4 : Tips Membuat PTK oleh Dr. Choirul Amin, M. M, 6)Materi 5 : Tips Menulis di Koran oleh Drs. Priyono, M. Si. Materi 7 :Aplikasi drone untuk pembelajaran geografi oleh Danardono,SSi,MSc dan Materi 8 : Aplikasi citra penginderaan jauh untuk pembelajaran geografi oleh Hamim Zaky Hadibasyir,M GIS.

Baca Juga:Gerindra Ingin Jadi Partai Politik Penguasa, PAN Rutin Gelar Baksos dan Gembleng Kader27 Peserta Rebutan Tiga Jabatan Direktur PDAM, Sekda: Ada Pendaftar dari Luar Daerah

Kegiatan ini dimulai dari pendaftaran yang dibuka 2 bulan yang lalu dan terjaring sebanyak 125 pendaftar dari berbagai provinsi : Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Riau . Saat dibuka dalam zoom, pendaftar yang bergabung sebanyak 58 dan yang mengikuti sampai 8 sesen sebanyak 42 orang.Selama dua minggu dari tgl 11 hingga 25 februari , peserta workshop diberi tugas untuk menyusun karya sesuai materi yang sudah disampaikan.

Seminggu berikutnya yaitu hari sabtu, tanggal 25 feb 2023 dilanjutkan kegiatan klinis via Zoom Meeting . Pada sesi klinis, para fasilitator dari Fakultas Geografi UMS Surakarta memberikan banyak masukan sebagai bahan memperbaiki tulisan yang buat peserta workshop. Diskusi perbaikan artikel dilanjutkan via wa grup yang dibuat sebelum kegitan ini berlangsung untuk memberikan informasi kekinian dan penegmbangan materi serta motivasi agar peserta lebih memahami dan bisa menghasilkan publikasi.

Model pembelajaran yang dikembangkan dalam webinar ini memadukan tiga pendekatan yaitu kolaborasi workshop, klinik dan WA grup dengan berfikir thinking system.

0 Komentar