Perbedaan Budget Dan Budgeting Yang Perlu Kamu Ketahui!

budget dan budgeting
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES- Budget dan budgeting penting dalam suatu perusahaan dan dalam setiap bidang usaha harus mengetahui perbedaannya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.

Dengan melakukan penyusunan budget atau budgeting demi pemasukan dan pengeluaran perusahaan dapat terukur dan terprediksi dengan baik.
Apa itu Budget dan Budgeting?
Budget merupakan rencana keuangan suatu perusahaan yang tersusun secara sistematis berdasarkan program kerja perusahaan. Budget mencakup seluruh rencana kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang atau monetary.

Budgeting merupakan proses penyusunan budget itu sendiri. Dimulai dari tahap persiapan penyusunan rencana keuangan hingga tahap terakhir dimana telah tersusunnya rencana atau budget. Secara garis besar, budgeting terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Baca Juga:Terungkap Alasan Gita Savitri Memilih Childfree, Apa Alasannya? Cek di Sini!Memahami Metode Budgeting 50/30/20 Untuk Atur Keuangan Kamu!

  1. Top-Down Budgeting

Dalam tipe budgeting ini, penyusunan budget atau budgeting dilakukan langsung oleh pimpinan perusahaan, tanpa atau dengan sedikit komunikasi dengan manager tingkat bawah. Kelebihannya, penyusunan rencana dapat di lakukan dengan lebih cepat. Namun biasanya tidak memperhitungkan kebutuhan tiap bagian dengan tepat.

  1. Bottom-Up Budgeting

Dalam tipe budgeting ini bahan penyusunan budget di siapkan oleh pihak yang akan melaksanakan budget, sehingga budget tersusun berdasarkan kebutuhan dan kesanggupan tiap bagian perusahaan. Kelebihannya, tingkat keakuratan budget sangat tinggi. Namun budgeting dengan cara ini akan memakan waktu yang sangat cukup lama.

Fungsi Budget

Tanpa adanya fungsi budget yang jelas, anggaran tidak akan memiliki makna bagi bisnis anda. Fungsi budget diantaranya sebagai berikut.

  1. Planning

Dengan tersusunnya budget, maka terdapat perencanaan tertulis yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai kegiatan peusahaan ke depan dalam jangka waktu yang di tentukan dan anggaran bisa menjadi sebuah alat perencanaan tertulis yang menuntut ketelitian dan akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang rencana perusahaan.

  1. Implementation

Budget dapat di jadikan sebagai pedoman setiap bagian perusahaan dalam melaksanakan perkerjaan agar dapat mencapai tujuan yang di tetapkan oleh perusahaan. Alokasi anggaran di tetapkan dalam melaksanakan program usaha.

  1. Controlling

Budget berfungsi sebagai alat pengawasan (controlling), yang berarti dapat mengevaluasi atau menilai seluruh program usaha. Dengan cara, membandingkan realisasi program berdasarkan anggaran yang di keluarkan dan melakukan perbaikan bila di perlukan.

0 Komentar