SDIT Al-Akhyar Asah Bakat Minat Murid

SDIT Al-Akhyar
0 Komentar

Melalui Ekskul Panahan dan Pencak Silat

PURWAKARTA-Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Akhyar memiliki perhatian khusus terhadap kegiatan ekstrakurikuler bagi siswanya. Ini ditunjukkan dengan menambahkan dua ekstrakurikuler jenis olahraga, yakni panahan dan pencak silat yang dilaunching pada 17 Februari 2023 lalu.

Ekstrakurikuler ini merupakan kegiatan di luar jam pembelajaran untuk mengasah minat dan bakat murid. Juga dapat membentuk karakter siswa. Adapun panahan dan pencak silat ini melengkapi kegiatan unggulan yang sudah ada seperti tahsin alquran dan renang.

Kepala Sekolah SDIT Al Akhyar, Aam Aminah mengatakan, ekstrakurikuler yang sudah mulai berjalan diharapkan bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh murid. Sehingga ke depan akan muncul bibit-bibit murid berprestasi di berbagai bidang akademis maupun nonakademis.

Baca Juga:Perpusda Berbasis Wisata Bakal Dibangun di Curug PelangiPihak Ketiga Kelola Limbah Medis Rumah Sakit

“Kegiatan ekstrakurikuler ini kami laksanakan di sekolah bertujuan untuk memberikan ruang kepada siswa-siswi menyalurkan bakat sesuai hobinya masing-masing,” kata Aam saat ditemui di sekolah yang berlokasi di Kampung Krajan, Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Senin (20/2).

Aam menambahkan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian tak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut anak-anak mampu mengembangkan protensi diri dalam rangka memenuhi bakat dan minatnya.

“Melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut, anak-anak akan belajar banyak hal tanpa ada paksaan. Anak-anak memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga diharapkan mereka mampu menempa potensi dirinya semaksimal mungkin,” ujarnya.

Aam menyebut, SDIT Al-Akhyar mencoba untuk memperkenalkan olahraga panahan dan pencak silat kepada siswa-siswi karena kedua olahraga tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan anak baik secara fisik dan mental.

“Diharapkan, dari dua ekstrakurikuler itu mampu mencetak bibit atlet yang saleh dan saleha yang sukses dan siap berprestasi di kancah nasional maupun Internasional,” ucap Aam.

Terpisah, Ketua Persatuan Orang Tua Siswa Al Akhyar (Posita), Rina Sri Nurbaeti mengatakan, para orang tua siswa di SDIT Al-Akhyar sangat mendukung adanya dua ekstrakurikuler baru di SDIT Al-Akhyar.

Menurut Rina, dengan ikut sertanya anak-anak ke dalam kegiatan ekskul ini, diharapkan kepribadian anak menjadi berkembang. Anak akan lebih dewasa dalam berpikir, tidak kuper alias kurang pergaulan.

0 Komentar