Perpusda Berbasis Wisata Bakal Dibangun di Curug Pelangi

Curug Pelangi
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah merancang Perpustakaan Daerah (Perpusda) berbasis wisata Curug Pelangi. Konsep perpustakaan ini, perpaduan antara perpustakaan dengan tempat wisata.

Para pengunjung, selain bisa membaca buku-buku koleksi perpustakaan, bisa betah berlama-lama di tempat tersebut.

“DED (Detail Engineering Design)-nya sudah dibuat pada tahun 2019. Tinggal sekarang kita meriview lagi, mudah-mudahan Maret ini bisa,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah KBB, Heri Partomo, belum lama ini.

Baca Juga:Pihak Ketiga Kelola Limbah Medis Rumah SakitDownload APK Nekopoi Versi 2.5.2.2 Mod Tanpa VPN Terbaru 2023

Lahan untuk pembangunan Perpusda ini sudah tersedia seluas 2.500 M2 aset Pemda di sebuah lapang, tidak terlalu jauh dari Curug Pelangi, Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua, Jalan Kolmas-Lembang.

Sedangkan untuk anggarannya, kata Heri bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp10 miliar. Namun diharapkan, ada dana stimulan karena konsep pembangunannya merupakan paket lengkap. “Sebenarnya tahun 2019 anggarannya sudah tersedia, namun gagal lelang,” ungkap Heri.

Seiring dengan perkembangan era digitalisasi, Perpusda Berbasis Wisata inipun akan dilengkapi dengan bacaan secara digital. Sebagai tahap awal, disediakan 10.000 buku bacaan bagi pengunjung. Hal itu, sesuai dengan standar bangunannya.

Heri mengatakan, dengan adanya Perpusda Berbasis Wisata ini diharapkan bisa meningkatkan literasi bagi masyarakat. Salah satu persoalan yang dihadapi masyarakat seperti stunting, lantaran kurangnya literasi tentang kesehatan keluarga.

“Paling tidak dengan datang ke Perpustakaan, bisa menambah literasi mereka tentang persoalan-persoalan kesehatan keluarga, menambah pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal dan lain-lainnya,” ucapnya.(bbs/sep)

0 Komentar