Mengenal Musik Oi!, dari Sejarah dan Perkembangannya, Banyak Orang yang Tidak Mengetahuinya

musik Oi!
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Musik Oi! atau  genre musik Oi! ini adalah musik yang terbentuk pada tahun 1970-an di Inggirs oleh golongan dengan gaya hidup skinhead, serta awal kemunculan musik genre Oi! ini didorong dengan masa kejayaan skinhead pada tahun itu.

Ciri dari genre Oi! ini memiliki irama yang lurus dan monoton mirip mars dengan akar musik rock. Lalu lirik-lirik dalam musik Oi! berkaitan dengan anti rasis atau fasis, sepakbola, kehidupan di jalanan dan gaya hidup skinhead.

Contohnya seperti band skinhead Cockney Rejects, Cock Sparrer, Evil Conduct dan Booze and Glory yang memiliki pilihan tema band mereka masing-masing seperti yang tadi telah disebutkan.

Baca Juga:2022, Bappeda Terima 54 Ribu Usulan!Harga Honda Beat 2023, BeAT 150 Cc sampai Honda Beat CBS Ada di Sini

Lalu skinhead sendiri merupakan gaya hidup mereka dalam sehari-hari akan tetapi skinhead yang ada di Indonesia ini ada berbagai macam yang menjalaninya, ada yang menjadi gaya hidup mereka, ada yang hanya sebatas gaya penampilan saja, ada juga yang hanya sebatas poseurs.

Sejarah Skin Head di Indonesia

Keberadaan skinhead di Indonesia pertama muncul pada tahun 90-an di kota Jakarta lalu meluas ke kota Bandung yang diawali dengan band Runtah.

Setelah itu band skinhead di kota Bandung-pun bermunculan seperti band Rentenir, Hitcock, Haircuts, O!Riot, BeldHead dll.

Beberapa dari band tersebut masih tetap konsisten pada genre musik Oi! tersebut dan eksistensi dari band mereka masih tetap hidup dan bertahan meski belum banyak orang yang mengetahui genre musik dari band tersebut.

Musik ini lebih cenderung mengisahkan pengalaman-pengalaman hidup mereka menjadi skinhead, lalu diadopsilah menjadi sebuah karya lagu untuk menuangkan rasa emosi mereka dan juga untuk memenuhi kebutuhan dari band tersebut mengenai karya lagu.

Perkembangan Genre Musik Oi! di Indonesia

Perkembangan musik ini pada saat ini, disatukan atau dielaborasi dengan genre musik Hardcore yang memiliki ciri dari beat musiknya yang lumayan cepat atau bisa disebut musiknya lumayan keras.

Adapun contoh band yang memiliki genre musik tersebut yaitu Strengthru, Under18 dll.

Baca Juga:Ridwan Kamil Berharap GCC dan Dadaha, Tak Akan Jadi Bangunan yang SepiGubernur Ridwan Kamil Ajak Ulama dan Tokoh Masyarakat Kota Banjar Jaga Kondusivitas di Tahun Politik!

Tidak hanya itu saja perkembangan dari musik ini yang melekat atau digemari oleh para skinhead, adapula band yang memberikan penambahan susunan alat musik pada genre Oi! ini ialah band yang bernama Tulang Besi.

0 Komentar