MONUMEN SASARAN VANDALISME “TUGU BENTENG PANCASILA”

TUGU BENTENG PANCASILA
TUGU BENTENG PANCASILA
0 Komentar

Oleh : Feren Ferinawati
SMAN 1 Subang, XII MIPA 3

“Monumen membantu menjalin hubungan antara generasi yang berbeda.” -Joseph Joubert.

Indonesia memiliki begitu banyak monumen, yang setiap monumennya memiliki banyak cerita sejarah baik itu mengenai peristiwa sejarah maupun peninggalan sejarah, pada masa prasejarah atau pada masa penjajahan dan pasca kemerdekaan. Monumen tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia, ini membuktikan sejarah bangsa kita tidak akan sirna oleh waktu. Sebagai warga Negara Indonesia seharusnya kita bersyukur akan sejarah yang membuat negeri ini memiliki identitas.

Setiap monumen dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah atau pelaku sejarah, sekaligus sebagai upaya pelestarian terhadap obyek yang berwujud maupun yang tidak berwujud, berupa nilai-nilai luhur yang tumbul dari atau menyertai pelaku sejarah. Tujuan dari pembangunan monumen tersebut agar generasi selanjutnya bisa mengenang dan menghormati jasa para pahlawan serta mengaplikasikan nilai-nilai sejarah yang terkandung di dalam pembangunan monumen tersebut.

Monumen diciptakan untuk mengingat seseorang, kejadian, bersejarah, yang memimiliki nilai lebih dari usianya, juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas penampilan sebuah tempat oleh karena itu juga sebagai obyek seni dan obyek wisata. Seringkali monumen berfungsi sebagai suatu upaya untuk memperindah penampilan suatu kota atau lokasi tertentu.

Baca Juga:Link Nonton Vinland Saga Season 2 Episode 5 Sub Indo “Jalan yang Berlumuran Darah”No Tipu!! Game Penghasil Saldo Dana Rp500 Ribu Langsung Cair

Subang, kota kecil berjuta cerita berpadu dalam kebesaran sejarahnya, beberapa monumen sebagai bukti peninggalan sejarah kota Subang masih berdiri hingga kini, salah satunya monumen yang berada di kota Subang adalah Tugu Benteng Pancasila.

Menurut saya dengan adanya monumen Tugu Benteng Pancasila ini dapat sebagai memori kolektif dimana peristiwa didirikannya Tugu Benteng Pancasila merupakan memori yang terekam oleh manusia akan menjadi gambaran hidup seseorang dan akan membentuk karakter seseorang. Kolektif Memori yang kokoh dapat dibentuk dengan kesadaran penuh untuk memahami masa lalu sebagai titik tolak untuk menyatukan masa kini, dan mendorong gerak maju ke masa depan.

Tugu Benteng Pancasila menjadi ciri tersendiri bagi Kabupaten Subang. Selain letaknya di alun-alun yang berada di pusat kota, tempat ini juga seperti punya daya tarik tersendiri. Namun apakah setiap masyarakat Subang mengetahui sejarah dibalik dibangunnya tugu tersebut? Saya yakin hanya sebagian orang saja yang mengetahui.

0 Komentar