Uang Elektronik: Definisi, Keunggulan dan Resiko Penggunaannya!

Uang Elektronik
0 Komentar

Pasunda Ekspres – Uang elektronik pada saat ini banyak yang menggunakannya, karena mudah dan praktis!

Lalu apa sebenarnya uang elektronik itu?

Definisi uang elektronik itu adalah sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik yang nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu.

Penggunaannya itu harus menyimpan atau menyetorkan uangnya terlebih dahulu pada penerbit dan disimpan dalam media elektronik tersebut sebelum anda menggunakannya untuk bertransaksi.

Baca Juga:Pengertian World MusicRevitalisasi Buat Situ Gede Jadi Destinasi Wisata Menarik

Setelah anda menggunakannya untuk bertransaksi, nilai uang eletronik yang telah tersimpan pada media elektronik tersebut akan berkurang sesuai dengan besar nilai transaksi yang anda lakukan.

Penambahan nilai uang elektronik pun bisa anda lakukan kembali (yop-up) dengan cara yang sama.

Media elektronik untuk menyimpan nilai uang elektronik dapat berupa chip atau server.

Penggunaannya ini sebagai alat pembayaran yang inovatif dan praktis diharapkan dapat membantu kelancaran pembayaran kegiatan ekonomi yang bersifat massal, cepat dan mikro.

Sehingga perkembangannya dapat membantu kelancaran transaksi di jalan tol, di bidang transportasi seperti kereta api maupun angkutan umum lainnya atau transaksi di minimarket, food court atau parkir.

Keunggulan Penggunaannya

  1. Praktis dan Nyaman

Transaksi atau pembayara non tunai tidak perlu khawatir akan menjadi korban penipuan uang palsu.

Begitu juga pembawaannya, anda tidak harus membawa banyak uang ke tempat umum sekalipun harus membeli barang dengan harga yang tinggi sehingga mengurangi potensi menjadi korban kriminalitas

Baca Juga:Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Situ Gede BogorWagub Uu Ruzhanul: Tumbuhkan Nasionalisme pada Siswa

  1. Efisiensi Waktu

Melakukan pembayaran tagihan (listrik, kartu kredit, uang sekolah) jadi lebih mudah tanpa harus antri di payment point. Mau beli pulsa? Bisa langsung dari ponsel, tidak perlu jauh-jauh ke toko pulsa lagi.

  1. Tidak Pusing dengan Uang Kembalian

Membayar cukup dengan jumlah yang pas. Jika nominal harga barang tidak bulat, baik pembeli maupun penjual tidak perlu repot memikirkan uang kembalian.

Selain itu, tidak perlu takut lagi salah hitung nominal uang, terlebih jika jumlahnya banyak. Cukup perhatikan dengan baik nominal yang akan anda bayarkan sebelum menyetujui transaksi.

  1. Manfaat Promosi Produk

Banyak penyedia jasa pembayaran non tunai yang menawarkan promo di berbagai merchant seperti di restoran, bioskop, tempat berbelanja dan tempat hiburan lainnya, berupa penawaran diskon, buy one get one, dan lain sebagainya.

0 Komentar