Cerdas Menyikapi Kondisi yang Terbatas (Sebuah Tantangan Guru di Pelosok Tanah Air)

Cerdas Menyikapi Kondisi yang Terbatas (Sebuah Tantangan Guru di Pelosok Tanah Air)
0 Komentar

Kondisi jaringan yang yang tidak stabi juga dirasakan di sekolah yang tidak semua tempat ada akses jaringan internet, yang mampu mendukung kegiatan pembelajaran di kelas. Lalu bagaimana menyikapi kondisi seperti ini dalam pembelajaran? Inilah tantangan tersendiri bagi pendidik yang berada di zona dengan jaringan internet yang tidak mendukung atau bahkan tidak ada jaringan internet sama sekali. Guru tidak dapat mengakses segala bentuk platfom ataupun aplikasi media pembelajaran secara online sehingga tidak bisa dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan kondisi seperti ini, bukan jadi alasan bagi pendidik untuk berpangku tangan, menyerah pada keadaan akan tetapi kita pendidik yang merupakan salah satu unsur utama dalam dunia pendidikan diharuskan mampu mengkreasikan pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sebagai pendidik dituntut untuk tetap memberikan pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa dengan berbagai cara melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat walaupun tidak dapat menggunakan media pembelajaran secara online.

Guru bisa menggunakan media pembelajaran yang kreatif yang mudah untuk diterapkan dalam kelas. seperti media kartu, media audio, media visual, ataupun media audio visual. Guru juga bisa melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dengan membuat media untuk alat peraga seperti membuat maket, membuat media permainan yang mendukung proses pembelajaran. Guru dapat juga mencari aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan secara ofline dalam proses pembelajaran seperti aplikasi Sterra yang bisa digunakan dalam pembelajaran geografi. Aplikasi ini sudah pernah diterapkan oleh penulis dalam kegiatan pembelajaran di Kelas XII IPS yang dipadukan dengan game di kelas alhasil peserta didikpun antusias dalam belajar.

Tak ada jaringan bukan berarti menyerah pada keadaan, namun dengan keadaan seperti ini bisa dijadikan motivasi dan pemicu bagaimana guru lebih kreatif  lagi dalam menyajikan pembelajaran, menggunakan media-media pembelajaran yang inovatif yang dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Buatlah suatu perubahan dari hal kecil akan tetapi mampu memberikan perubahan yang luar biasa daan berkesan bagi peserta didik.(*)

Laman:

1 2 3
0 Komentar