Cerdas Menyikapi Kondisi yang Terbatas (Sebuah Tantangan Guru di Pelosok Tanah Air)

Cerdas Menyikapi Kondisi yang Terbatas (Sebuah Tantangan Guru di Pelosok Tanah Air)
0 Komentar

oleh

Kiptiah,SPd  ( Guru SMAN 1 Tanjung Palas Barat, Desa Long Beluah,di Kalimantan Utara )

Lokasi adalah konsep geografi

Fisiografi juga konsep geograf

Pembangunan jaringan infrastruktur telekomunikasi

Harus mendukung setiap lokasi geografi

Tak ada lagi diskriminasi jaringan internet yang dilalui

Untuk mendukung suksesnya pendidikan anak negeri

Tanpa membedakan golongan ekonomi

Dan variasi lokasi geografi yang dilalui

(Puisi karya Priyono Basudewo,akhir februari 2023)

Hakekat suatu pembelajaran adalah bagaimana menciptakan generasi muda dengan karakteristik yang berakhlak mulia dengan memiliki kompetensi pengetahuan yang baik, hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003.  Pendidikan tak hanya sekedar membekali murid dengan pengetahuan saja akan tetapi juga memiliki kecakapan hidup dan berakhlak mulia. Berkaitan dengan amanat undang undang  tersebut maka seorang pendidik dituntut  mampu melakukan perubahan terhadap pembelajaran. Pendidik mampu menyeimbangkan antara pengetahuan dan budi pekerti pada peserta didik, sehingga kelak peserta didik mampu beradaptasi dengan lingkungan yang didasarkan pada budi pekerti serta kecakapan hidup pada zamannya kelak.

Ki Hajar Dewantara , seorang dewa pendidikan mengatakan bahwa setiap murid memiliki kodrat kekuatan atau potensi yang berbeda, pendidikan hanyalah sebagai tuntunan, dan mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia, pendidik tidak dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid, pendidik dapat memberikan daya upaya maksimal untuk mengembangkan akal budi pekerti murid, pendidik membantu mengantarkan murid untuk merdeka atas dirinya sendiri untuk kehidupan dan penghidupannya, memelihara dan menjaga bangsa dan alamnya. Guru bukan hanya bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik, akan tetapi menciptakan pembelajaran yang berkesan dan bermakna bagi peserta didik sesuai dengan hakikat tujuan pembelajaran. Menyiapkan peserta didik dengan bekal pengetahuan, kecakapan hidup, berakhlak berbudi pekerti luhur yang menjadi dasar bagi peserta didik di masa yang akan datang.

Baca Juga:Menimbang Penggunaan ChatGPT dalam PembelajaranMembangun Karakter Disiplin Siswa Didik melalui Apel Pagi di Sekolah

Salah satu yang mendukung kegiatan pembelajaran di kelas adalah penggunaan media pembelajaran yang sangat berperan penting terhadap tercapainya tujuan pembelajaran di kelas, bagaimana dengan penggunaan media mampu memberikan pemahaman terhadap suatu konsep materi. Tujuan daripada penggunaan media dalam pembelajaran adalah untuk menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, mudah dipahami oleh peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, sehingga pembelajaranpun akan terasa lebih bermakna bagi peserta didik. Apalagi kalau peserta didik terlibat langsung dalam penggunaan media pembelajaran. Setiap guru pasti membutuhkan media sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran di kelas, karena media pembelajaran merupakan alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan dalam pembelajaran yang memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran bisa dalam bentuk teknologi atau sarana fisik untuk menyampaikan materi pembelajaran.

0 Komentar