Cerdas Menyikapi Kondisi yang Terbatas (Sebuah Tantangan Guru di Pelosok Tanah Air)

Cerdas Menyikapi Kondisi yang Terbatas (Sebuah Tantangan Guru di Pelosok Tanah Air)
0 Komentar

Penggunaan media pembelajaran dapat merangsang peserta didik untuk lebih aktif, meningkatkan hasil pembelajaran, mendukung keberhasilan dalam proses pembejalaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tentunya dalam penggunaan media guru harus menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, jangan sampai media yang kita gunakan malah tidak bisa menyampaikan pesan ataupun maksud dari pembelajaran. Selain itu guru harus dapat memahami gaya belajar siswa, agar media yang akan dipergunakan mampu menyatukan berbagai gaya belajar siswa. Ada berbagai jenis media yang bisa guru gunakan dalam pembelajaran seperti media audio, media visual, ataupun media audio visual. Akan tetapi di zaman modern dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih dapat mempengaruhi dunia pendidikan, dimana peran teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan.

Guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung pembelajaran di kelas dengan pembelajaran secara online memanfaatkan jaringan internet. Dengan adanya jaringan internet sangat membantu guru dalam pembelajaran di kelas. Apalagi di masa pandemi sebelum pembelajaran secara tatap muka seperti sekarang ini, semua kegiatan dilakukan dengan cara daring termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Berbagai macam aplikasi ataupun platfom yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran ssecara daring, seperti memanfaatkan googleclassroom, googlemeet, zoom ataupun yang lainnya yang bisa dijadikan media secara daring. Cara seperti ini tentu menjadi hal baru, sehingga perlu pendidik dan peserta didik beradaptasi dengan pembelajaran secara daring. Namun, pada daerah yang kesulitan jaringan, tentu saja pembelajarannya tidak bisa secara daring tapi dilakukan secara luring seperti cara door to door kerumah-rumah siswa seperti yang pernah kami lakukan disini.

Keberadaan jaringan internet sangatlah memudahkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, seperti dalam pembelajaran geografi bisa memanfaatkan googlemap, google earth, educandy, ataupun  yang lainnya yang dipakai secara online. Perkembangan teknologi  akan menjadikan pembelajaran lebih menarik tidak membosankan dan siswa pun jadi lebih antusias untuk belajar. Daerah yang memiliki jaringan internet yang suport mungkin tidak jadi masalah apabila dalam pembelajaran memanfaatkan fasilitas internet, hal ini tentu berbanding terbalik dengan kondisi daerah yang jaringan internet tidak suport, timbul tenggelam bahkan tidak ada sama sekali jaringan internetnya. Seperti di Desa kami di Long Beluah yang masih susah untuk dapatkan jaringan internet. Hanya tempat-tempat tertentu yang mendapatkan akses internet yang lumayan bagus. Boleh dikata ada jaringan tapi kondisi timbul tenggelam.

0 Komentar