5 Alasan Mengapa dalam Tari Tata Rias Harus Tebal, Bernilai Estetis yang Tinggi!

5 Alasan Mengapa dalam Tari Tata Rias Harus Tebal, Bernilai Estetis yang Tinggi!
Ilustrasi orang menari. Sumber Foto: Travel Kompas
0 Komentar

Pasundan EkspresMengapa dalam tari tata rias harus tebal? semuanya bisa kamu ketahui lewat artikel di bawah ini. Gak semata-mata untuk mendalami karakter yang di mainkan penari di atas panggung, ternyata ada alasan khusus mengapa dalam tari tata rias harus tebal lho.

Selain penari yang harus menampilkan tarian khusus di atas panggung tentu tampilan tata rias menjadi elemen penting yang bernilai estetis yang tinggi. Namun, sering kali kita temukan kalau bentuk tata rias penari berbeda dengan riasan wajah pada umumnya. Mengapa bisa demikian? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Dalam buku Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami untuk Anak Sekolah Dasar yang di tulis oleh Arina Restian (2019: 62), menjelaskan bahwa sebenarnya tata rias dan busana dalam pentas tari sangat penting.

Baca Juga:Dear Mom, Kenali 8 Tanda-Tanda Yang di Rasa Perut Hamil 6 MingguLink Nonton Film Kembang Api Full HD, Angkat Isu Kesehatan Mental Cek Disini!

Karena hal ini mengandung nilai estetis yang tinggi dan menjadi peran pendukung dalam seni pertunjukan. Tata rias yang dimaksud adalah penggunaan riasan wajah yang harus sesuai  dengan karakter sehingga jarak antara penonton dengan pementas, serta intensitas lighting harus diperhitungkan untuk menentukan seberapa tebal riasan.

Dengan merias tubuh berarti mengubah hal alami menjadi hal berguna, yang artinya adalah memiliki prinsip mendapatkan daya guna yang tepat. Sehingga yang membedakan dengan riasan cantik adalah jika riasan cantik mengubah hal yang jelek menjadi cantik. Sedangkan rias untuk pertunjukkan seni tari dan teater untuk mengubah hal alami menjadi hal yang bisa dikehendaki.

0 Komentar