8 Tanda Rasa Perut Hamil 6 Minggu, Kenali Yuk Mom!

8 Tanda Rasa Perut Hamil 6 Minggu, Kenali Yuk Mom!
0 Komentar

4. Perut kembung

Perut kembung yang wanita hamil alami disebabakan oleh kadar hormon progesteron yang tinggi. Maka dari itu, Bumil disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi dan minum air putih untuk mengatasi sembelit yang bisa saja menjadi penyebab mengapa ibu hamil mengalami perut kembung.

5. Mood tidak stabil 

Saat kehamilan mom memasuki usia 6–10 minggu jangan heran kalau mood atau emosi menjadi tidak stabil dan sering berubah-ubah.  Umumnya, stres berlebihan, metabolisme tubuh, serta kelelahan, atau karena pengaruh dari kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi penyebab utama mengapa suasana hati mom dapat berubah-ubah. Cobalah untuk beristirahat secukupnya atau bisa melakukan hal-hal menyenangkan bersama pasangan.

6. Pendarahan ringan  

Saat mom mengalami  keluar bercak darah dan merasa kram tak karuan saat hamil muda termasuk hal yang norma. Akan tetapi, mom juga harus tetap waspada ya jika kram semakin parah dan mengalami pendarahan berat seperti sedang menstruasi maka bisa jadi kondisi tersebut jadi penyebab awal tanda-tanda keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut kehamilan ektopik.

Baca Juga:5 Cara Penulisan Resep Obat yang Benar, Gak Boleh Asal-Asalan!Cara Menulis Nomor Surat yang Benar Beserta Contoh, Jangan Asal-Asalan!

7. Mual-mual

Hampir 70 – 80 persen mual atau morning sickness akan wanita hamil alami. Seperti melansir alodokter, kondisi ini di sebabkan oleh produksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG) dan tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Untuk mengatasi mual-mual mom disarankan untuk  membiasakan  makan dan minum dalam porsi kecil namun sering serta istirahat yang cukup. Namun, jika mual terus berlanjut segera konsultasikan ke dokter ya mom. Karena kondisi mual yang tidak kunjung berhenti bisa menjadi tanda awal penyebab dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

8. Sering buang air kecil 

Sering buang air kecil bisa di sebabkan oleh hormon HCG yang membuat aliran darah ekstra ke daerah sekitar panggul yang menyebabkan mom ingin buang air kecil terus. Namun, mom gak perlu khawatir karena keluhan ini wajar wanita hamil alami sepanjang tidak menyebabkan keluhan lain.

Sehingga jika intensitas buang air kecil yang mom rasakan  justru terjadi sangat sering dan menyebabkan rasa sakit berkelanjutan, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena hal ini bisa menjadi gejala dari tanda infeksi saluran kemih yang berisiko ibu hamil alami setelah kehamilan memasuki usia 6 minggu.

0 Komentar