Ketua KORMI: Optimis ITF Sumbang Medali di Fornas

ITF Sumbang Medali di Fornas
0 Komentar

PURWAKARTA-Sebanyak 83 atlet Indonesia Taekwondo Fun (ITF) Pengurus Cabang (Pengcab) Kabupaten Purwakarta mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat: Geup, Poom, dan Dan, yang digelar di Sekretariat Yayasan Pusat Beladiri Campuran Purwakarta (PBPC)/Dojang Pyong Won, Jl. Ipik Gandamanah, Kelurahan Tegalmunjul, Purwakarta, Ahad (12/3).

Ketua ITF Pengcab Purwakarta Sulaeman Efendi menyebutkan, ke-83 atlet yang ikut ujian berasal dari tiga dojang. Ketiganya adalah, Dojang Pyong Won, Dojang Darul Muttaqien BKR, dan Dojang YPPA Cipulus. Di mana, 70 atlet ikut ujian tingkat Geup, sembilan atlet tingkat Poom, dan empat atlet tingkat Dan.

“Ini merupakan ujian kenaikan tingkat perdana bagi ITF Purwakarta sejak berdiri pada 6 Desember 2022. Alhamdulillah, antusias para peserta sangat tinggi. Untuk penguji, ada tiga orang, yakni Master H. Trisno Aminoto, Sabeum Nim Aman Nurahman Sabri, dan Asisten Sabeum Nim Abdul Jafar,” kata Sulaeman kepada Pasundan Ekspres.

Baca Juga:Bersiap Menuju Profil Pelajar PancasilaTridjaya Elektronik Hadir di Indramayu

Dijelaskannya, ujian kenaikan tingkat digelar setiap empat bulan sekali. Bertujuan untuk melihat seberapa jauh penguasaan materi para atlet. Karena setiap tingkatan memiliki materi yang berbeda-beda. “Karenanya, setiap atlet harus benar-benar mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian ini,” ujarnya.

Senada disampaikan, Pembina ITF Pengcab Purwakarta Trisno Aminoto. Dirinya bersyukur, meski baru berdiri, ITF Purwakarta mengalami kemajuan pesat. “Ini tak lepas dari dukungan KORMI (Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia) sebagai induk ITF. Juga pihak terkait lainnya, termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dan orang tua atlet,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum ITF Pengprov Jawa Barat Aman Nurahman Sabri mengapresiasi perkembangan ITF di Kabupaten Purwakarta. Bahkan, sambungnya, Purwakarta menjadi barometer ITF di Jawa Barat. “Sebelum sukses menggelar ujian kenaikan tingkat ini, ITF Purwakarta sudah banyak mengukir di beberapa kejurnas. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi para atlet ITF, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Purwakarta sendiri,” kata Aman.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua KORMI Kabupaten Purwakarta Iyus Permana menyampaikan, pihaknya mendukung penuh setiap kegiatan ITF Purwakarta. Terlebih, para atlet ITF sudah menunjukkan prestasi di tingkat nasional.

“Ujian kenaikan tingkat ini menunjukkan keseriusan ITF maupun para atletnya untuk terus berkembang dan mengasah kemampuan. Kami pun optimis, ITF Purwakarta dapat menyumbangkan medali untuk Jawa Barat pada Fornas Ke-VII Tahun 2023 mendatang,” kata Iyus.

0 Komentar