Disperindag Karawang Pastikan Stok Sembako Aman

Disperindag Karawang
MASIH AMAN: Stok sembako menjelang Bulan Ramadan masih aman. UPSE SAPELUOH/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

KARAWANG-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, memastikan ketersediaan pangan jelang Ramadan 2023 relatif aman.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Karawang, Ahmad Rifai mengatakan, meskipun pasca banjir, warga Karawang tidak perlu khawatir karena pasokan beras menjelang Ramadan berada di titik aman.

“Pasokan beras untuk Kabupaten Karawang, khususnya menjelang Ramadan saat ini titik aman,” ujarnya.

Baca Juga:Polres Karawang Survey Jalur Mudik Lebaran8.865 Hektare Gagal Panen Akibat Banjir, DPKP Usulkan Bantuan Benih Ke Kementan

Dijelaskan Ahmad Rifai, Disperindag dengan Bulog telah menyiapkan sejumlah pasokan beras (persiapan Ramadan) di bulan Februari lalu.

“Pada bulan Februari ini Bulog sudah menyiapkan 1.830.500 kg beras dengan HET Rp 9.450 per kg. Ini upaya kami untuk mengimbangi harga pasar,” katanya.

Senada, Subkoordinator Perdagangan dalam Negeri Disperindag Karawang, Wahyu menambahkan, ketersediaan pangan jelang Ramadan relatif aman meski mengalami sedikit kenaikan.

“Utamanya beras tidak terjadi masalah karena sekarang menjelang panen. Minyak juga kita mulai pengisian ke pasar-pasar,” katanya.

Ia menyampaikan, kenaikan harga meliputi beberapa kebutuhan pokok seperti cabai, bawang, telur dan daging. Kenaikan terjadi karena ada masalah di daerah yang memproduksi.

“Hasil pantauan kita, naiknya tidak signifikan. Masih dalam batas aman, di angka 2 ribu. Itupun karena Karawang bukan daerah yang memproduksi, di sini kan cuman pemasaran. Kita tergantung pada daerah yang men-supply,” jelasnya.(use/ery)

0 Komentar