Pengertian Sosial Budaya : Aspek, Contoh, Fungsi dan Tujuan

Pengertian Sosial Budaya : Perubahan, Aspek, Sistem dan Contohnya
0 Komentar

4. Hak Asasi Manusia

Karena kekejaman yang dilakukan oleh sejumlah pihak, maka muncul lah  Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai produk untuk melawan tindak kekejaman. Adanya HAM atau perubahan yang satu ini memiliki tujuan untuk memanusiakan manusia berdasarkan hakikat yang diberikan sang pencipta atau Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya perubahan ini, kini manusia memiliki hak atas dirinya masing-masing.

5. Kebijakan dari pemerintah

Pemerintah bertanggung jawab besar untuk mengeluarkan ketetapan, kebijakan, hukum, pernyataan, aturan, dan lain sebagainya unntuk menentukan terjadinya perubahan sosial budaya dan suatu produk dari perubahan sosial budaya. Adanya kebijakan dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah serta mencapai tujuan bersama.

B. Aspek sosial budaya

Melansir dari Indonesiabaik.id, aspek sosial budaya masyarakat bisa dilihat dari menelusuri sisi nilai dan pendidikan, serta kesejahteraan sosial yakni sebagai berikut:

Baca Juga:Update! 5 Pinjaman Online Syariah Tanpa Riba Terbaru 2023, Langsung Cair Sesuai Syariat IslamApa yang Harus Dilakukan Rakyat Agar Sejahtera? Kunci Jawaban PPKn Halaman 106 Kelas 6 Tema 2

1. Ikatan Sosial

Aspek yang kedua adalah ikatan sosial, yaitu bagaimana masyarakat saling berhubungan dan berkomunikasi. Kita bisa menelitinya dengan cara menelaah media sosialnya, aplikasi berbalas pesannya, preferensi komunikasi tatap muka atau melalui daring, dan lain-lain.

2. Tata Nilai Dan Pendidikan

Sudut pandang yang terakhir adalah melalui tata nilai dan pendidikan masyarakat. Rendahnya pendidikan dapat memicu perubahan sosial yang buruk terutama dalam penggunaan teknologi karena tidak bisa meliterasi diri dan menyaring mana informasi yang baik dan kredibel mana yang tidak.

3. Kesejahteraan Sosial

Cara melihat aspek kesejahteraan sosial adalah berdasarkan persepsi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi atau TIK dalam keseharian mereka, terutama untuk mendorong produktivitas dan usaha kerja. Tentu jawabannya akan berbeda, di kota akan terbantu dengan adanya TIK sedangkan penduduk desa dan pesisir kurang merasakan dampak produktivitasnya. Lalu lihat juga cara pengguna ponsel menghabiskan uangnya untuk pulsa dan berbelanja daring melalui e-commerce.

4. Apa tujuan dari sosial budaya?

Melansir dari situs Brainly pembangunan sosial budaya merupakan pembangunan yang memiliki fokus utama terhadap kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas dalam kehidupan beragama.

0 Komentar