Pengertian Sosial Budaya : Aspek, Contoh, Fungsi dan Tujuan

Pengertian Sosial Budaya : Perubahan, Aspek, Sistem dan Contohnya
0 Komentar

Pasundan Ekspres Apa itu sosial budaya? pengertian beserta aspek, contoh, fungsi, dan tujuan dapat kamu ketahui lewat penjelasan artikel di bawah ini. Pengertian sosial budaya sendiri adalah interaksi dalam kehidupan masyarakat mulai dari adat istiadat, pengetahuan, kepercayaan, hingga moral.

Budaya berkembang di suatu masyarakat yang telah mengalami banyak perubahan karena sejumlah faktor seperti globalisasi dan pengaruh dari luar yang mengakibatkan akulturasi dan asimilasi. Di sisi lain, terdapat faktor penghambat dalam perubahan  budaya yakni situasi masyarakat yang terisolasi dan konservatif.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian sosial budaya : aspek, contoh, fungsi, dan tujuan. Yuk, kita simak bersama!

Baca Juga:Update! 5 Pinjaman Online Syariah Tanpa Riba Terbaru 2023, Langsung Cair Sesuai Syariat IslamApa yang Harus Dilakukan Rakyat Agar Sejahtera? Kunci Jawaban PPKn Halaman 106 Kelas 6 Tema 2

1. Apakah pengertian sosial budaya?

Secara umum, pengertian kebudayaan adalah suatu tatanan nilai di lingkungan masyarakat yang berasal dari akal budi dan pola pikir manusia yang hidup di dalamnya.dapat menghasilkan penciptaan yang beragam mulai dari  adat istiadat, kepercayaan, maupun kesenian yang merupakan ciri khas dan identitas dari masyarakat tertentu.

2. Apa pengertian sosial budaya menurut para ahli?

Selain pengertian secara umum, terdapat pula pengertian sosial budaya menurut para ahli yakni sebagai berikut:

A. Ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara berpendapat soal sosial budaya yang memiliki pengertian dari perjuangan manusia baik terhadap alam dan waktu sebagai bagian dari bukti  adanya kejayaan dan kesejahteraan dari suatu masyarakat tertentu. Ki Hajar Dewantara menambahkan bahwa sdapat berbentuk berbagai macam denagn catatan mampu mencapai kesejahteraan, kemakmuran, serta kebahagiaan bagi masyarakat.

B. Andreas Eppink (1946)

Andreas Eppink adalah seorang ahli di berbagai bidang yang menciptakan model Eppink dan mengembangkan analisis psikologi kebudayaan, menjelaskan bahwa sosial budaya memiliki pengertian sebagai segenap sesuatu yang berlaku di dalam masyarakat tertentu yang dapat menjadi ciri khas.

C. R. Soekmono

Arkeolog sejarawan dan kebudayaan, R. Soekmono menjelaskan bahwa pengertian sosial budaya merupakan usaha atau hasil kerja manusia melalui pemikiran, benda, atau perilaku manusia semasa hidupnya.

0 Komentar