Tips Persiapan Puasa Pertama, Mental dan Spiritual

cara menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa 2023
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa 2023. Baca dan Simak di sini! (sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Memasuki bulan puasa, apa saja persiapan puasa pertama? Mungkin sebagian umat muslim memerlukan artikel ini untuk persiapan puasa.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar secara mental dan fisik kita bisa tuntas melakukan puasa selama satu bulan penuh.

Sehingga ibadah kita bisa fokus, tidak terganggu oleh masalah kesehatan. Meski sebenarnya puasa itu sendiri merupakan hal yang baik untuk meningkatkan kesehatan kita.

Berikut adalah beberapa persiapan puasa pertama:

Mental dan spiritual

Baca Juga:Cara Shalat Tarawih Sendiri di Rumah, untuk Kamu yang Berhalangan Shalat Berjamaah di MasjidKlarifikasi! Raffi Ahmad Tertangkap Kamera, Video Call Dengan Wanita Lain!

Puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, tapi juga memperbaiki mental dan spiritual kita.

Niat Sholat Tarawih, Lengkap Tata Cara dan Panduan Shalat Tarawih Bulan Puasa Ramadhan

Konsumsi makanan sehat

Sebelum berpuasa, pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran dan protein tanpa lemak.

Hindari makanan yang berlemak, pedas dan asin karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Mempersiapkan menu sahur

Sahur adalah waktu makan sebelum fajar. Pastikan menu sahur seimbang dan mengandung nutrisi yang cukup untuk menjaga stamina dan kesehatan selama puasa.

Melatih diri untuk menahan lapar dan dahaga

Sebelum puasa, latih diri untuk menahan lapar dan dahaga. Mulailah dengan menahan makan atau minum selama beberapa jam pada siang hari untuk membiasakan diri dengan kondisi yang akan dialami selama berpuasa.

Memperbaiki kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu tubuh memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk menjalankan puasa. Hindari begadang atau tidur larut malam sebelum puasa.

0 Komentar