Tata Cara Solat Tahajud yang Benar Menurut Ajaran Islam

Tata cara solat tahajud
Tata cara solat tahajud
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES- Solat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah solat isya’ dan sebelum solat subuh.

Solat tahajud termasuk dalam kategori ibadah malam yang dianjurkan oleh agama Islam.

Meskipun bukan merupakan ibadah wajib, namun solat tahajud sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim.

Yang ingin mendapatkan keberkahan dan keutamaan dari Allah SWT.

Baca Juga:5 Ide Menu Takjil Dan Buka Puasa Praktis Pasti Nikmat7 Menu Berbuka Puasa Hari Ini Yang Simpel & Sehat

Tata Cara Solat Tahajud:

Solat tahajud, dalam segi  tata caranya, sama seperti solat sunnah pada umumnya, berikut rinciannya:

  • Mengucapkan niat dalam hati.

Dengan lafadz :أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى (Usholy Sunnatahajudi roka’ataini lillahi ta’ala).

Aku melaksanakan solat sunnah tahajud sebanyak dua rakaat karena Allah Maha Tinggi”

  • Takbirotul Ihrom dengan ucapan “Allahu Akbar”, sambil dalam hati mengucapkan nita di atas.
  • Membaca Alfatihah.
  • Membaca Surah pendek (Entah Surah Qulhu, atau yang lainnya).
  • Lalu  Ruku dengan tenang sambil mengucapkan lafadz tasbih.
  • Kemudian Kembali berdiri dari ruku.
  • Lalu Sujud dengan mengucapkan lafadz tasbih.
  • Lanjut melakukan duduk iftirosy, atau duduk dianatara 2 sujud.
  • Kemudian sujud kembali, dan mengulang kembali ke urutan saat membaca alfatihah.

Setelah selesai melaksanakan solat tahajud 2 rakaat, berikut doanya:

اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Ya Allah, ya Tuhan kami, Segala puji bagimu, Engkau yang menciptakan langit beserta bumi, dan makhluk yang ada didalamnya. Bagimu segala puji, Engkau yang merajai langit serta bumi dan makhluk yang ada didalamnya. Bagimu segala puji, Engkau yang menyinari langit dan bumi, serta makhluk yang ada didalamnya. Segala puji bagimu, Engkau dzat yang haq, janjiMu itu benar, dan bertemu Engkau nanti itu benar, Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad ﷺ itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” Doa ini dianjurkan dibaca seusai shalat tahajud”.

0 Komentar