Apa Itu Unsur Ekstrinsik Novel? Simak Pengertiannya di Sini!

Apa Itu Unsur Ekstrinsik Novel? Simak Pengertiannya di Sini!
Apa Itu Unsur Ekstrinsik Novel? Simak Pengertiannya di Sini!
0 Komentar

Pasundan Ekspres -Unsur ekstrinsik novel merupakan salah satu bagian yang harus ada saat kamu akan membuat novel.

Melansir dari buku Teori Pengkajian Fiksi oleh Burhan Nurgiyantoro (2018), novel adalah karya fiksi yang menawarkan sebuah dunia.

Dunia yang dimaksud adalah kisah yang berisikan model kehidupan ideal yang dibangun melalui berbagai unsur dan struktur.

Baca Juga:Baca Manga Blue Lock Chapter 212 : Bagaimana Kelanjutan Kisah Lorenzo?Nonton Film Sajadah Panjang, Klik Link nya di Sini Gratis!

Bagian-bagian yang ada Dalam Novel

Kata novel berasal dari Bahasa Italia, yaitu novella yang artinya sebuah kisah atau cerita. Novel adalah karya sastra berupa prosa yang memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Unsur intrinsik adalah susunan sebuah karya yang bersumber dari karya tersebut, seperti tema, alur, tokoh, penokohan, sudut pandang, dan amanat yang terkandung di dalam sebuah novel.

Unsur ekstrinsik merupakan latar belakang dan sumber informasi seperti nilai, arti, dan dampak dari isi novel tersebut.

Berikut beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam novel.

  • Abstrak: Abstrak merupakan ringkasan dari isi kisah/cerita yang ada pada bagian awal novel. Abstrak memberikan rincian kisah secara umum dan situasi apa yang dialami oleh tokoh dalam novel tersebut.

  • Orientasi: Orientasi merupakan bagian dari novel yang mendeskripsikan tentang waktu, suasana dari latar tempat, keterangan waktu atau tokoh-tokoh yang ada pada novel. Pada bagian ini penulis menjelaskan keseharian atau aktivitas yang tokoh utama jalani

  • Komplikasi: Komplikasi merupakan bagian novel yang memperlihatkan bahwa adanya urutan kausalitas atau sebab akibat dari terjadinya sebuah peristiwa dalam novel tersebut.

  • Resolusi: Resolusi adalah solusi atau cara penyelesaian konflik. Biasanya resolusi tersaji dengan memberikan gambaran akhir dari kisah yang terdapat pada novel tersebut. Resolusi tidak harus selalu berakhir bahagia, bisa tragis atau bahkan gantung.

  • Koda: Koda adalah penutup kisah pada novel yang memberikan nilai nilai moral dari cerita pada novel tersebut.

0 Komentar