Lengkap! Rumus Segitiga Sama Kaki Beserta Contoh Soal

Lengkap! Rumus Segitiga Sama Kaki Beserta Contoh Soal
Lengkap! Rumus Segitiga Sama Kaki Beserta Contoh Soal
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Segitiga sama kaki adalah salah satu jenis bangun datar dengan tiga buah sisi dan tiga buah sudut. Pada segitiga sama kaki, dua sisi di antaranya memiliki panjang yang sama. Rumus segitiga ada banyak sekali.

Selain segitiga sama kaki, jenis bangun datar segitiga lainnya adalah segitiga sama sisi, segitiga siku-siku, dan segitiga sembarang.

Dalam artikel ini, kita akan sama-sama mempelajari tentang rumus segitiga sama kaki. Mulai dari luas, keliling, hingga mencari sudutnya.

Baca Juga:Kemesraan Mika Angelo dan Jorji Setelah Juara Spain Masters, Bikin Baper!Tips Jualan di TikTok Seller Agar Ramai Pembeli

Bagi detikers yang masih duduk di bangku sekolah, kamu wajib membaca artikel ini sampai habis karena kamu akan sering menemukan soal-soal yang berkaitan dengan segitiga sama kaki.

Rumus Segitiga Sama Kaki dan Contoh Soal

Rumus segitiga sama kaki terdiri dari lima rumus, yakni mencari luas, keliling, tinggi, alas, dan sudutnya. Mengutip buku Kumpulan Rumus Matematika SD oleh Woro Vidya Ayuningtyas, berikut adalah rumus segitiga sama kaki beserta contohnya.

Rumus Luas Segitiga Sama Kaki

Untuk menghitung luas segitiga sama kaki, diketahui panjang kaki dan alasnya. Sedangkan tinggi dapat dicari dengan cara Pythagoras. Rumus mencari luas segitiga sama kaki yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.

Luas = ½ x a x t

Contoh Soal

Hitunglah luas segitiga sama kaki di bawah ini.

Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki

Sementara keliling segitiga dapat kamu ketahui dengan menjumlahkan setiap sisi pada segitiga. Berikut adalah dua cara mencari sudut segitiga sama kaki yang dapat digunakan.

Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Keliling = AB + AC + BC

Contoh Soal

Hitunglah keliling dari segitiga sama kaki di bawah ini

Rumus Tinggi Segitiga Sama Kaki

Tinggi dari segitiga sama kaki adalah jarak dari setiap sisi alas sampai bagian puncak. Berikut adalah dua cara  mencari sudut segitiga sama kaki.

Tinggi = √sisi miring²

atau apabila yang diketahui luas (L² = (½ x alas) x t )

0 Komentar