Pengobatan Ida Dayak, Tradisional vs Modern: Mengapa Masyarakat Lebih Memilih Pengobatan Tradisional

pengobatan ida dayak
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES– Pengobatan Ida Dayak. Pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ida Dayak, seorang perempuan asal Kalimantan Timur, belakangan ini semakin ramai dibicarakan oleh warganet di media sosial.

Ia dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk patah tulang, dengan menggunakan minyak yang dipercaya dapat membantu penyembuhan.

Namun, sebenarnya pengobatan tradisional yang dilakukannya tidak memiliki landasan keilmuan.

Meskipun begitu, seperti halnya pengobatan tradisional lainnya, pengobatan Ida Dayak lebih dipilih oleh masyarakat sebagai alternatif pengobatan medis modern.

Faktanya, jenis pengobatan ini semakin berkembang pesat dan digandrungi masyarakat.

Baca Juga:Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Mewakili Anak Sulungnya Menerima Ijazah Sarjana di ITBIsland Berapa Episode: Drama Fantasi dan Laga Terbaru yang Menghibur

Sejak zaman kerajaan, masyarakat Indonesia telah memanfaatkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan penyakit dan melakukan semacam trial and error.

Jika berhasil, maka obat tersebut akan diteruskan dari generasi ke generasi, dan menimbulkan semacam testimoni, sehingga masyarakat percaya bahwa pengobatan tradisional memang terbukti ampuh.

Meski pengobatan modern ala Barat masuk ke Indonesia pada masa kolonialisme, masyarakat tetap memilih pengobatan tradisional sebagai opsi terbaik.

Penyebabnya antara lain karena mereka masih asing dengan pengobatan modern, takut terhadap obat-obat kimiawi dan tindakan invasif dokter, serta mahalnya biaya dan sulitnya akses pengobatan modern.

Berdasarkan hal tersebut, dukun bayi dan dukun patah tulang di era kolonial tumbuh subur.

Orang-orang yang datang ke Ida Dayak, misalnya, didasarkan pada rasa takut akan pengobatan modern dan faktor biaya yang tinggi.

Namun, pengobatan tradisional tidak hanya berkaitan dengan aspek biaya semata.

Faktor psikologis juga berperan, seperti munculnya efek plasebo pada diri pasien.

Baca Juga:Spesifikasi dan Harga HP Poco f4, Hadir dengan Layar AMOLED 6,67 InciDownload Choo Choo Charles: Game Horor Unik dengan Makhluk Seram Berbentuk Lokomotif

Plasebo adalah efek psikologis yang membuat otak yakin dirinya sembuh dalam proses pengobatan, meskipun tidak ada kandungan obat di dalamnya.

Dalam ranah pengobatan tradisional, penyembuh seperti Ida Dayak memainkan faktor psikologis pasien dengan menyebut ayat suci dan meyakinkan si pasien akan pulih seperti sedia kala, sehingga secara otomatis otak akan mengontrol rasa sakit dan nyeri pada pasien, sehingga pengobatan akan berhasil.

Meski demikian, sebaiknya masyarakat tetap memahami bahwa pengobatan tradisional tidak selalu ampuh dan terkadang bisa berbahaya.

0 Komentar