Amalan Malam Lailatul Qadar 2023, Keistimewaan Cara Menghitung Datangnya Lailatul QADAR!

Amalan Malam Lailatul Qadar 2023, Keistimewaan Cara Menghitung Datangnya Lailatul QADAR!
Amalan Malam Lailatul Qadar 2023, Keistimewaan Cara Menghitung Datangnya Lailatul QADAR!
0 Komentar

Jika dilihat Lebih khusus lagi, adalah malam-malam ganjil sebagaimana sabda beliau:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِفِي الْوِتْرِمِنَ الْعَشْرِالْأَوَاخِرِمِنْ رَمَضَانَ

“Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan)”. (HR. Al-Bukhari dari Aisyah r.a)

Lebih dikhususkan lagi: malam ganjil sekitar/antara 7 (tujuh) hari terakhir dari bulan ramadhan tersebut. Beberapa sahabat Nabi, pernah bermimpi bahwa Lailatul Qadar tiba di tujuh hari terakhir.

Rasulullah SA.W bersabda:

أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ تَوَاطَأَتْ فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِي السَّبْعِ الْأَوَاخِرِ

Baca Juga:Bingung Lupa Password Instagram dan Email Tidak Aktif? Ikuti Cara Mudah Ini!Mudik Gratis Kembali Diadakan Pemdaprov Jabar setelah Pandemi COVID-19

“Aku juga bermimpi sama sebagaimana mimpi kalian bahwa Lailatul Qadar pada tujuh hari terakhir, barangsiapa yang berupaya untuk mencarinya, maka hendaknya dia mencarinya pada tujuh hari terakhir. ” (Muttafaqun ‘alaihi dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma)

Hadit’s Riwayat Muslim:

الْتَمِسُوهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ يَعْنِي لَيْلَةَ الْقَدْرِ فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلَا يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِي

“Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh hari terakhir, jika salah seorang dari kalian merasa lemah atau tidak mampu, maka janganlah sampai terlewatkan tujuh hari yang tersisa dari bulan Ramadhan.” (H.R. Muslim dari Ibnu ‘Umar radliyallahu ‘anhuma)

Jika mau lebih khusus lagi yaitu malam ke 27 ramadhan,

Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad S.A.W:

لَيْلَةُ سَبْع وَعِشْرِيْنَ

“(Dia adalah) malam ke-27. ” (HR. Abu Dawud, dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radliyallahu ‘anhuma, dalam Sahih Sunan Abi Dawud.

Sahabat Ubay bin Ka’b radliyallahu ‘anhu menegaskan:

والله إني لأعلمها وأكثر علمي هي الليلة التي أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بقيامها هي ليلة سبع وعشرين

“Demi Allah, sungguh aku mengetahui malam (Lailatul Qadar) tersebut. Puncak ilmuku bahwa malam tersebut adalah malam yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk menegakkan salat padanya, yaitu malam ke-27.” (HR. Muslim)\

Dalam hadits Abu Dzar disebutkan:

أَنَّهُ قَامَ بِهِمْ لَيْلَةَ ثَلاَثٍ وَعِشْرِيْنَ، وَخَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ، وَسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ، وَذَكَرَ أَنَّهُ دَعَا أَهْلَهُ وَنِسَاءَهُ لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ خَاصَّةً

“Bahwasanya Rasulullah melakukan Shalat bersama mereka (para sahabat) pada malam dua puluh tiga (23), dua puluh lima (25), dan dua puluh tujuh (27) dan disebutkan bahwasanya beliau mengajak salat keluarga dan istri-istrinya pada malam dua puluh tujuh (27).”

Menurut keterangan Fathul Qarib, Hasyiah Al-Bajury, dan Fathul Muin beserta ‘Ianatut Thalibin, Imam Syafii menyatakan bahwa Lailatul Qadar ada pada sepuluh akhir bulan Ramadhan, (terutama pada malam ganjil 10 akhir bulan ramadhan), paling diharapkan adalah malam 21, atau malam ke 23 Ramadhan.

Amalan-Amalan Malam Lailatul Qadar

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar, menjelaskan bacaan dzikir yang sangat dianjurkan dibaca pada malam Lailatul Qadar.

0 Komentar