Disdikbud Subang Terus Kenalkan Budaya ke Siswa

Disdikbud Subang Terus Kenalkan Budaya ke Siswa
0 Komentar

SUBANG-Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Subang mengajak siswa mencintai budaya lokal. Di tengah perkembangan teknologi informasi ini, siswa jangan sampai lebih mencintai budaya luar dibandingkan budaya sendiri.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Subang, Ade Intra menyampaikan, sejauh ini terus berupaya untuk mengenalkan berbagai kebudayan lokal kepada siswa. Salah satunya yakni mengenai kesenian tradisional.

Ade Intra menyampaikan, perlu campur tangan budayawan dan seniman untuk terjun langsung ke sekolah memberikan edukasi kepada siswa. Edukasi ini penting untuk menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap budayanya sendiri.

Baca Juga:Polisi Temukan Paku, Baut dan Kawat di Jalan Tol Cipali Bupati Ruhimat Ingin Ada Pembinaan Berkelanjutan dari BPK Soal Keuangan Pemkab Subang

“Kami sangat mendukung apabila ada seniman yang masuk sekolah, itu sangat bagus. Kami dari dinas pasti mendukung,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres.

Ade Intra yang juga sebagai pelaku seni mengaku khawatir ada kebutaan budaya pada siswa. Oleh karena itu sangat penting dilakukan pengenalan budaya kepada mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Menurutnya, yang membuatnya khawatir bukan soal siswa bisa keseniannya. Melainkan cara berpikir siswa yang tidak sesuai dengan norma budaya.

“Yang penting pemikirannya harus bisa berbudaya, tindak tanduknya harus berbudaya. Saling menghormati. Kalau kesenian bisa dipelajari,” ujarnya.

Dia menyebut, perlu ada kekhasan cari berpikir siswa sesuai dengan budaya lokal. Dimana cara berpikirnya tidak sesuai dengan budaya barat.(ysp)

0 Komentar