Bukan Cuma India, Berikut Beberapa Negara yang Terkena Gelombang Panas

Bukan Cuma India, Berikut Beberapa Negara yang Terkena Gelombang Panas
Bukan Cuma India, Berikut Beberapa Negara yang Terkena Gelombang Panas
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Apakah kamu sering merasakan kepanasan akhir-akhir ini? Ternyata gelombang panas atau heat wave sedang melanda Asia.

Fenomena in iterjadi karena pergerakan semu matahari membuat suhu rata-rata di beberapa daerah mengalami peningkatan.

Kabar baiknya, untuk cuaca di Indonesia sendiri menurut BMKG masih termasuk suhu yang normal.

Berikut beberapa negara yang terdampak mengalami suhu lebih panas.

Baca Juga:Jangan Gampang Baper! Kenali Ciri-ciri Love Bombing dan AkibatnyaLink Nonton Film Ivanna Bukan di LK21 dan Rebahin

Bukan Cuma India, Berikut Beberapa Negara yang Terkena Gelombang Panas

Bangladesh

Melansir siaran pers resmi BMKG, Bangladesh tercatat mempunyai daerah dengan suhu terpanas dalam fenomena gelombang panas kali ini. Pada 17 April, suhu di kota Kumarkhali, distrik Kusthia tercatat sebesar 51,2 derajat Celsius.

Sebuah gelombang panas akut tengah melanda distrik Dhaka, Faridpur, Manikgonj, Pabna, Bagerhat, Jashore, Chuadanga, dan Kushtia. Juga gelombang panas ringan hingga sedang menyapu tempat lain di seluruh negeri dan (memiliki) kemungkinan berlanjut,” ungkap Met Office dalam buletin, dikutip dari The Business Standard.

India

Menurut informasi yang beredar, panas di India sampai membuat aspal jalanan meleleh.

Berkat kejadian tersebut, masyarakat setempat mempertanyakan kualitas aspal yang dipakai oleh kontraktor.

Tetapi, suhu juga diduga berpengaruh mengingat akhir-akhir ini suhu tertinggi di sana mencapai 44 derajat Celsius. Hal ini juga mengakibatkan 13 orang tewas dan muncul anjuran untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan.

Myanmar

Chauk dan Nyaung-U, tercatat mempunyai suhu panas di angka 45 derajat Celsius. Gelombang panas ini terjadi lagi setelah pada 2010 lalu Myanmar mengalami suhu panas hingga 47 derajat Celsius dan mengakibatkan 230 orang tewas.

Thailand

Baca Juga:Link Pengumuman PPPK Kemenag, Segera cek di Sini!Baca Manhwa Mr Baek Chapter 1 Sub Indonesia, Klik di Sini!

Suhu kota di Thailand melampaui 45 derajat Celsius pada 15 April lalu. Kemudian, sebagian wilayah juga dilanda asap tebal yang berasal dari pembakaran lahan. Hal ini menjadikan suhu di sana terasa seperti di angka lebih dari 50 derajat Celsius.

Sebab lokasinya yang berdekatan, suhu panas ekstrem ini juga berakibat ke negara sekitarnya seperti Kamboja dan Laos.

Tiongkok

Melansir dari BMKG, disebutkan pula bahwa lebih dari 100 stasiun pengamatan cuaca di Tiongkok mencatatkan suhu tertinggi sepanjang sejarah. Sebagai contoh, salah satu wilayah di Provinsi Yunnan, Yuanyang, mengalami suhu panas ekstrem hingga 42,4 derajat Celsius.

0 Komentar