Pasukan Ukraina Desak Mundur Pasukan Bayaran Wagner Rusia

Pasukan Ukraina di Bakhmut
Pasukan Ukraina di Bakhmut (Sumber poto Resuters)
0 Komentar

 

Dengan kemenangan strategis di Bakhmut, Ukraina berhasil mengalahkan Rusia dalam pertempuran darat paling berdarah di Eropa sejak Perang Dunia II. Pasukan Wagner telah memimpin serangan Rusia selama berbulan-bulan di kota timur tersebut, mengalami kerugian besar, tetapi pasukan Ukraina mengatakan serangan tersebut mengalami kemacetan. Meskipun konfirmasi independen sulit dilakukan, pernyataan resmi dari pasukan Ukraina dan komentar dari kepala pasukan swasta Wagner, Yevgeny Prigozhin, memberikan indikasi bahwa Ukraina berhasil melancarkan serangan balik yang signifikan.

Kepala pasukan bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin, telah mengungkapkan kekhawatirannya tentang serangan balik yang dijanjikan oleh Ukraina untuk merebut wilayah yang diduduki oleh Rusia setelah invasi dimulai pada 24 Februari 2022. Namun, analis militer Ukraina, Roman Svitan, menyatakan bahwa keberhasilan di dekat Bakhmut adalah awal dari serangan balik yang diantisipasi.

Dalam pernyataan resmi, Brigade Serangan Tertentu Ketiga Ukraina menyatakan: “Ini resmi. Laporan Prigozhin mengenai penarikan mundur Brigade Infanteri Motor Rusia ke-72 dari dekat Bakhmut dan ‘500 jenazah’ warga Rusia yang ditinggalkan adalah benar.”

Baca Juga:Pernyataan Dedi Mulyadi Mantan Bupati Purwakarta Mengenai Kemundurannya di Partai GolkarPasukan Ukraina Berhasil Mengalahkan Brigade Rusia di Dekat Benteng Bakhmut

Perkembangan ini menunjukkan bahwa pasukan Ukraina berhasil mengatasi brigade Rusia di dekat benteng Bakhmut dan mendapatkan keunggulan taktis. Meskipun pasukan Rusia telah merebut beberapa wilayah di awal invasi mereka, pasukan Ukraina terus melawan dan melancarkan serangan balik yang berhasil.

Tantangan berkelanjutan masih ada di depan. Konflik ini semakin berkembang menjadi pertempuran antara pasukan Rusia yang kurang terlatih dengan peralatan kuno dan pasukan Ukraina yang lebih kecil namun dilengkapi dengan senjata dan pelatihan Barat yang lebih baik. Meski demikian, Ukraina menunjukkan tekad yang kuat dalam mempertahankan wilayahnya dan melawan invasi Rusia.

Dalam pidato video malamnya, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menyebutkan Brigade Ketiga dan mencatat laporan mereka “tentang penarikan mundur Brigade Infanteri Motor Rusia ke-72 dari dekat Bakhmut”.

Di Brussels, pejabat militer NATO menyatakan bahwa pertempuran ini semakin menjadi konfrontasi antara pasukan Rusia yang kurang terlatih dengan peralatan kuno dan pasukan Ukraina yang lebih kecil namun dilengkapi dengan senjata dan pelatihan Barat yang lebih baik.

0 Komentar