Pasukan Ukraina Desak Mundur Pasukan Bayaran Wagner Rusia

Pasukan Ukraina di Bakhmut
Pasukan Ukraina di Bakhmut (Sumber poto Resuters)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESSatuan pasukan Ukraina mengumumkan pada hari Rabu (10/5/2023)bahwa mereka berhasil mengalahkan brigade Rusia di dekat benteng Bakhmut dalam insiden yang menunjukkan tugas yang dihadapi Kremlin saat melaksanakan apa yang mereka sebut sebagai operasi militer “yang sangat sulit”.

Kemenangan Strategis Ukraina

Klaim satuan tersebut tampaknya mendukung komentar dari Yevgeny Prigozhin, kepala pasukan swasta Wagner, yang pada hari Selasa mengatakan bahwa brigade Rusia telah meninggalkan posisinya di Bakhmut, target utama Moskow dalam serangan musim dingin dan tempat pertempuran darat paling berdarah di Eropa sejak Perang Dunia II.

Menurut Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, yang memimpin pasukan darat Ukraina, unit Rusia di beberapa bagian Bakhmut mundur hingga dua km sebagai hasil serangan balik. Ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Baca Juga:Pernyataan Dedi Mulyadi Mantan Bupati Purwakarta Mengenai Kemundurannya di Partai GolkarPasukan Ukraina Berhasil Mengalahkan Brigade Rusia di Dekat Benteng Bakhmut

Meskipun Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi situasi di lapangan, keberhasilan Ukraina tampaknya cukup signifikan. Pasukan Wagner telah memimpin serangan Rusia selama berbulan-bulan di kota timur tersebut, mengalami kerugian besar, tetapi pasukan Ukraina mengatakan serangan tersebut mengalami kemacetan.

Mengutip juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa “Operasi militer khusus ini masih berlanjut. Ini adalah operasi yang sangat sulit, dan tentu saja, beberapa tujuan telah dicapai dalam setahun.”

Namun, kolaborasi dari Ukraina terus melaju. Dalam sebuah pernyataan, Brigade Serangan Tertentu Ketiga Ukraina mengatakan: “Ini resmi. Laporan Prigozhin tentang kaburnya Brigade Infanteri Motor Rusia ke-72 dari dekat Bakhmut dan ‘500 jenazah’ orang Rusia yang ditinggalkan adalah benar.”

2. Pasukan Bayaran Rusia Merasa Dikhianati, Wagner Berencana untuk Mundur

Tantangan Berkelanjutan

 

Sementara itu, kepala pasukan bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin, mengungkapkan kekhawatirannya tentang serangan balik Ukraina yang dijanjikan untuk merebut wilayah yang diduduki oleh Rusia setelah invasi diluncurkan pada 24 Februari 2022. Namun, analis militer Ukraina, Roman Svitan, mengatakan keberhasilan di dekat Bakhmut merupakan awal dari serangan balik.

“Kami adalah mereka yang memulai langkah-langkah untuk maju,” ujar Svitan kepada Radio NV Ukraina. “Bisa kita katakan bahwa serangan yang telah kami nantikan selama setidaknya enam bulan terakhir dimulai sekitar seminggu yang lalu.”

0 Komentar