Portal Kesehatan Masyarakat Dukung Penguatan Tenaga Promosi Kesehatan Kota Makassar

Portal Kesehatan Masyarakat Dukung Penguatan Tenaga Promosi Kesehatan Kota Makassar
Naaila Afifah selaku Spesialis Program Portkesmas saat di sesi pelatihan modul KAP.
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Kiprah Portal Kesehatan Masyarakat atau Portkesmas mulai meluas. Jika sebelumnya banyak kegiatan pelatihan di beberapa kota dan kabupaten di Pulau Jawa, kini merambah jangkauan program ke Sulawesi Selatan, tepatnya di Kota Makassar.

Ini adalah kegiatan Portkesmas pertama kali di luar Pulau Jawa. Ke depan akan banyak aktivitas serupa dilaksanakan di pulau-pulau yang lain.

Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kota Makassar serta didukung Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dan ditopang pula oleh hotel berbintang di kawasan Jakarta yaitu Mercure Jakarta Cikini dan Ibis Styles Jakarta Simatupang serta dukungan dari Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Portkemas kembali memperkuat percepatan penyelesaian isu kesehatan masyarakat di Indonesia. Kali ini melalui kegiatan pelatihan dan penguatan tenaga promosi kesehatan dan kader kesehatan di wilayah dengan julukan “Kota Anging Mammiri” tersebut.

Baca Juga:Ratusan Guru Olahraga SD di Subang Ikuti Bimtek Pencegahan Napza dan Perlindungan Anak dari Tindakan Kekerasan Astro Highlands Ciater, Sensasi Wisata di Kaki Gunung Tangkuban Parahu

Kegiatan pelatihan bertajuk Pelatihan Komunikasi Antar Personal (KAP) dan Literasi Digital Kesehatan ini diarahkan sebagai bagian dari upaya memastikan diri kebal hoaks dan misinformasi khususnya di bidang kesehatan. Hal ini juga merupakan komitmen bersama melalui kolaborasi pentaheliks guna memperkuat upaya kesehatan masyarakat di Kota Makassar.

Sebelumnya, kegiatan serupa sukses dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat (18/3/2023), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (15/4/2023), Kota Surabaya, Jawa Timur (29/4/2023), dan Kabupaten Pacitan, Jatim (14/5/2023) dengan diikuti total lebih dari 500 peserta.

Dukungan Polda Sulawesi Selatan dan Pegadaian

Kini berkat dukungan Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Sulawesi Selatan dr. Muhammad Mas’udi, Sp.S., Portkesmas mendapatkan kesempatan menggelar pelatihan dengan tema serupa di Aula Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Makassar pada Sabtu 20 Mei 2023.

Tak hanya itu, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil VI Makassar Edy Purwanto juga turut mendukung kelancaran transportasi yang digunakan oleh tim Portkesmas selama berada di Kota Makassar.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 150 orang tenaga promosi kesehatan Puskesmas dan kader kesehatan se-Kota Makassar. Mereka merupakan ujung tombak dari penguatan kesehatan masyarakat Kota Makassar.

0 Komentar