Mobil Jejak Permudah WP Bayar Pajak

Mobil Jejak Permudah WP Bayar Pajak
0 Komentar

Dekatkan Pelayanan

BANDUNG BARAT-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan jemput bola Pajak Daerah. Diantaranya dengan mengoptimalkan layanan Jemput Pajak (Jejak) melalui kendaraan Warung Pajak (Warjak) atau biasa disebut mobil Jejak.

Kepala Bapenda KBB Duddy Prabowo mengatakan, mobil Jejak ini bertugas untuk melakukan pemungutan pajak dengan menerima pelaporan Pajak Self Asessment dan juga menerima pembayaran 10 jenis pajak daerah yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Untuk itu mobil layanan Jejak ini dibekali satu buah mesin Electronic Data Capture (EDC) oleh Bank BJB. Sehingga wajib pajak dapat langsung melakukan pembayaran di tempat setelah melakukan pelaporan, hal ini dapat mengindari transaksi dalam bentuk tunai kepada petugas pelayanan.

Baca Juga:Hanya 1.800 UMKM Bersertifikasi HalalYonarmed 9/1/1 Kostrad Bantu Percepatan Pembangunan Musala

“Bank BJB telah mensupport Bapenda Kabupaten Bandung Barat dengan memberikan satu buah mesin EDC, yang di mana hal ini baru dilakukan pertama kali Bank BJB kepada Pemerintah Daerah,” kata Duddy.

Dia menjelaskan inovasi Layanan Jemput Pajak ini untuk lebih mendekatkan pelayanan pajak, sehingga kesadaran wajib pajak dalam melaporkan dan menyetorkan Pajak Daerah kepada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat secara tepat waktu dan tepat jumlah.

Pasalnya, sebaran lokasi usaha wajib pajak yang cukup luas yaitu mulai dari utara sampai dengan selatan juga menjadi kendala wajib pajak untuk melaporkan dan menyetorkan pajak daerah.

“Sebab jarak yang jauh menjadi alasan wajib pajak enggan melaporkan pajak ke Kantor Bapenda Bandung Barat,” ucapnya

Selain itu, kata dia, inovasi Layanan Jemput Pajak ini dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah dan memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam melaporkan dan menyetorkan pajak daerah secara tepat waktu dan tepat jumlah.

“Juga memberikan edukasi kepada wajib pajak tentang pentingnya pajak daerah guna pembangunan di Kabupaten Bandung Barat,” ucapnya.

Duddy menjelaskan, keunggulan layanan Jemput Pajak Kabupaten Bandung Barat bisa melakukan semua kegiatan pelaporan dan transaksi pajak pada hari yang sama dengan cara yang cepat dan transparan. Hal ini dapat dilakukan dengan perbaikan dan penambahan fasilitas yang mempermudah dalam melayani wajib pajak.

0 Komentar