Siswa SMKN 1 Subang Observasi Potensi 144 Desa, Hasilnya Dipamerankan dalam Gebyar Panen Karya

Siswa SMKN 1 Subang Observasi Potensi 144 Desa, Hasilnya Dipamerankan dalam Gebyar Panen Karya
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-SMKN 1 Subang menggelar Gebyar Panen Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sekaligus launching buku karya siswa pada Kamis (15/6).

Pada acara ini, berlangsung sangat meriah yang dihadiri oleh KCD wilayah 4 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Disparpora Subang, guru, siswa dan orang tua siswa.

Gebyar Panen Karya P5 ini bertemakan kearifan lokal. Para siswa dan siswi menampilkan berbagai macam pertunjukan karya seni, dilengkapi juga dengan adanya bazar makanan, pameran karya seni lukisan dan poster.

Baca Juga:Zaman Terus Berubah! Dari Antri Jadi Klik, Internet Bawa Revolusi Pembelian Tiket Konser Jakarta FairManfaatkan Internet untuk Mengenalkan dan Meningkatkan Pasar Komik Lokal

Gebyar tersebut merupakan hasil dari observasi yang telah dilakukan oleh siswa dan siswi ke-144 desa di Kabupaten Subang.
Observasi itu dilakukan oleh 144 kelompok dari seluruh murid kelas 10 SMKN 1 Subang.

Pada setiap kelompoknya, ada guru yang mendampingi dan terjun langsung ke lapangan bersama para siswa dan siswi tersebut yang berlangsung selama 2 hari.

Tujuan penyebaran itu, untuk dilakukannya observasi di desa mengenai pootensi desa mulai destinasi wisata, budaya, kesenian dan makanan tradisional.

Respon para siswa dan siswa yang mengikuti program ini sangat antusias, begitu juga dengan respon dari orang tua para murid sangat baik.

Ketua Panitia dan Fasilitator Gebyar Panen Karya P5 Deni Ariyanto SPd menyampaikan, implementasi program P5 itu dilaksanakan pada dua minggu menjelang penilaian akhir tahun.

“Lalu pada tanggal 15 Juni 2023 ini, Gebyar Panen Karya yang diikuti semua kelompok dan semua kelas menampilkan dan memperlihatkan hasil observasi tersebut,” katanya.

Dia menyampaikan, adanya observasi yang dilakukan oleh para siswa dan siswi itu, bisa memberikan pengaruh yang baik untuk budaya lokal Subang. Bisa mengenalkan budaya lokal yang belum dikenal luas atau bahkan diketahui oleh masyarakat itu sendiri.

Baca Juga:Resmi! Assyifa Peduli Sudah Kantongi Izin Sebagai Lembaga Amil Zakat Daerah di SubangTridjaya Motor Pagaden Miliki Banyak Pos Penjualan, Mudahkan Masyarakat Beli Motor Honda

Kepala Sekolah SMKN 1 Subang Deden Suryanto MPd menyampaikan, SMKN 1 Subang saat ini banyak menuai prestasi  pada tahun 2023. Diantaranya sebagai SMK inovasi tingkat provinsi, serta memberdayakan para siswa hingga bisa membuat motor listrik dan alat pembakar sampah tanpa asap.

Selain itu, terdapat prestasi lain yang diraih SMKN 1 Subang menjadi Paskibra terbaik di tingkat nasional dalam kejuaraan LKBB yang di laksanakan di SMK Raditya Yuda.

0 Komentar