Tips Memilih Hewan Kurbah yang Baik dan Bugar Menurut Syariat Islam

Tips Memilih Hewan Kurbah yang Baik dan Bugar Menurut Syariat Islam
ilustrasi hewan kurban yang baik menurut syariat islam. foto inqi
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Kamu berencana akan membeli hewan untuk kurban?

Sebelum kamu membelinya pahami terlebih dahulu bagaimana cara memilih hewan kurban yang baik.

Agar hewan kurban tersebut benar-benar sudah memenuhi syarat dan sah di sembelih di hari raya Idul Adha.

Melansir dari Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS, pada Kamis (15/6) dijelaskan cara memilih hewan kurban yang baik. Hewan yang akan dijadikan kurban haruslah halal secara Islam dan sehat. Itu artinya hewan tersebut bebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot and Mouth Disease (FMD).

Baca Juga:Sinopsis Black Miror Season 6: Kelanjutan Serial Bertema Gelap Dana SetirNonton Film Malaysia Perempuan Itu Episode 15 Sub Indonesia Kualitas HD, Klik Disini

Memilih hewan kurban harus dilihat dari jenisnya, usianya dan pastikan tidak memiliki cacat fisik.

Berikut Ulasan lebih lengkap yang telah pasundanekspres.com ramkum mengenai tips memilih hewan kurban yang baik dan bugar menurut syariat islam.

Perhatikan Jenis Hewan 

Sangat penting untuk memilih jenis hewan kurban yang diperbolehkan dalam agama islam.

Jenis-jenis hewan seperti unta, kambing, sapi, kerbau dan domba adalah hewan-hewan yang telah ditentukan sebagai hewan kurban yang sah.

Hewan-hewan yang akan di kurbankan haruslah memiliki kualitas yang baik, Hal ini meliputi kesehatan fisik, kondisi tubuh, serta potensi produktivitasnya.

Hewan yang sehat dan memiliki kondisi tubuh yang baik akan memberikan manfaat yang lebih besar dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Perhatikan Usianya 

Usia hewan kurban menjadi salah satu syarat layak atau tidaknya hewan tersebut untuk dikurbankan.

Baca Juga:Ga Usah Bingung Buat Cari Tempat Healing! 3 Rekomedasi Wisata Bertema Nature Di Subang, Viewnya Bagus BangetResep Gulai Kambing Rumahan Anti Ribet, Dijamin Lezat Untuk Masakan Idul Adha

Hewan-hewan yang sudah mencapi umur yang cukup bisa untuk dijadikan hewan kurban, seperti kambing dan domba yang telah mencapai usia 1 tahun bisa menjadi hewan kurban.

Jika kamu ingin mengurbankan sapi dan kerbau alangkah lebih baik sapi atau kerbau tersebut sudah berumur 2 tahun.

Umur hewan kurban ini penting untuk dipertimbangkan karena memiliki hubungan langsung dengan potensi produktivitas hewan dan nilai ibadah yang terkandung dalam kurban tersebut.

0 Komentar