Menilik Tol Cisumdawu, Bandung Cirebon Makin Dekat Saja

Tol Cisumdawu
Tol Cisumdawu
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Tampilannya yang terakhir dari Tol Cisumdawu pada Bulan Juni 2023 ini akan membawa angin segar bagi masyarakat. Tol tersebut akhirnya akan dibuka secara penuh, meliputi rute dari Cileunyi hingga Kertajati.

Namun, tidak terlepas dari perjalanan penuh tantangan, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akhirnya hampir rampung sepenuhnya. Walaupun mengalami keterlambatan hampir satu bulan dari target yang ditetapkan.

Saat ini, yang tinggal menunggu adalah uji laik fungsi (ULF) yang akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) sebelum Tol Cisumdawu dapat beroperasi.

Baca Juga:UMKM Terbang Tinggi Bersama bank bjbTol Cisumdawu Sudah Operasi Penuh, Cileunyi sampai Dawuan Bisa Ditempuh Kurang dari 1 Jam

Jika tidak ada temuan yang signifikan, maka Tol Cisumdawu siap berfungsi mulai dari Seksi 4 hingga Seksi 6.

Dari pantauan visual yang dilakukan, progres pekerjaan Tol Cisumdawu untuk main road sudah mencapai 100 persen. Namun, masih terdapat beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan, seperti Interchange Legok.

Selain itu, terdapat juga sedikit pekerjaan yang masih tertinggal, yakni main road menuju Gerbang Tol Paseh, Kabupaten Sumedang.

Terlihat dari pantauan visual, pembetonan out ramp main road di Interchange Legok sudah hampir selesai, baik dari arah Bandung maupun Cirebon.

Bahkan, pemasangan guide rail di akses keluar dan masuk Gerbang Tol Paseh sudah dimulai.

Area Interchange Legok menjadi fokus utama dengan dua pekerjaan penting. Pertama, off ramp arah Cirebon yang sedang diperkuat dengan bore pile.

Kedua, penyelesaian Overpass Panyingkiran menuju Desa Bongkok, yang sudah terpasang.

Tinggal menyelesaikan main road di area Gerbang Tol Legok, yang merupakan akses ke arah Conggeang.

Baca Juga:Sekitar 7.000 Al Quran di Masjid Al Jabbar Raib, Ridwan Kamil: Mungkin Saja Itu Jamaah Saking Cintanya pada Al-QuranKronologis Oknum Polisi Tipu Tukang Bubur di Cirebon hingga Lebih dari Rp300 Juta, Kasusnya Terbengkalai 2 Tahun

Di luar pekerjaan di Seksi 4B tersebut, kini semua sudah selesai dan siap digunakan oleh kendaraan.

Seksi 4 hingga Seksi 6 Tol Cisumdawu membentang dari Cimalaka di Kabupaten Sumedang hingga Kertajati yang terhubung dengan Tol Cipali melalui Junction Dawuan.

0 Komentar