Klarifikasi Syekh Panji Gumilang Soal Lagu dan Salam Havenu Shalom Aleichem di Mahad Al Zaytun

Syekh Panji Gumilang
Syekh Panji Gumilang
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Syekh Panji Gumilang: Lagu dan Salam Havenu Shalom Aleichem di Mahad Al Zaytun

Belakangan ini, Mahad Al Zaytun menjadi sorotan publik karena sejumlah polemik yang terjadi di lingkungan tersebut. Salah satu isu yang paling ramai diperbincangkan adalah terkait lagu dan salam Havenu Shalom Aleichem yang disebut-sebut haram oleh sebagian pihak.

Untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas mengenai hal ini, Syekh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, seorang tokoh penting di Mahad Al Zaytun, memberikan klarifikasi.

Baca Juga:24 Penginapan dan Hotel Paling Murah di Subang: Gak Bikin Dopet NangisNonton Film ‘Why Do You Love Me’ Kualitas HD Terbaru!

Syekh Panji Gumilang menjelaskan bahwa lagu dan salam Havenu Shalom Aleichem bukanlah lagu atau salam Yahudi, sebagaimana yang dituduhkan oleh beberapa orang.

Sebenarnya, lagu tersebut merupakan bagian dari budaya masyarakat Ibrani yang memiliki arti yang sama dengan salam-salam yang biasa digunakan dalam masyarakat kita, seperti Assalamualaikum dan punten.

Read more:

Mahad Al Zaytun Indramayu di Cap Haram, Syekh Panji Gumilang Geram Dengan Tim Investigasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Dalam penjelasannya, Syekh Panji Gumilang juga menekankan bahwa penggunaan bahasa Ibrani bukanlah hal yang melanggar ajaran agama.

Ia mengatakan, “Sekali-kali berbahasa Ibrani, jangan Bahasa Arab terus. Gitu saja kok repot.”

Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Ibrani dalam lagu dan salam tersebut hanya sebagai variasi dan bukan pengganti dari Assalamualaikum.

Tidak hanya itu,  Panji Gumilang sebelumnya juga telah memberikan penjelasan serupa dalam beberapa kesempatan.

Salah satu wawancara terbaru yang dilakukan oleh Tim Liputan 6 juga menghadirkan Syekh Panji Gumilang untuk menjelaskan isu ini secara langsung.

Baca Juga:Ketetapan Pemerintah Soal Jadwal Cuti Panjang Idul Adha 2023: Swasta Pangkas JatahKepala Staf Presiden Moeldoko Bantah bekingi Ponpes Al-Zaytun: “Emang Preman kok Jadi Beking?”

Dalam kesempatan tersebut, ia menegaskan bahwa lagu dan salam Havenu Shalom Aleichem adalah bagian dari tradisi masyarakat Ibrani yang tidak ada kaitannya dengan agama Yahudi.

Lagu dan salam Havenu Shalom Aleichem yang menjadi kontroversi Mahad Al Zaytun bukanlah lagu atau salam Yahudi,
melainkan lagu dari budaya masyarakat Ibrani yang memiliki makna yang sama dengan salam-salam yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Read more:

Negara Islam Indonesia (NII) dan Peran Al Zaytun: Panji Gumilang Akui
0 Komentar