Cara Cek Kolesterol Sendiri di Rumah, Mudah Gak Pake Ribet Hasil Akurat

cara cek kolesterol sendiri di rumah
Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh (sumer foto: freepik)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Inilah cara cek kolesterol sendiri di rumah yang bisa kamu praktekan tanpa ribet.

Kolesterol memiliki peranan penting dalam tubuh, baik dalam produksi hormon maupun vitamin D. Namun, menjaga kadar kolesterol tetap stabil sangatlah penting agar tidak terjadi peningkatan yang berlebihan.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, terutama masalah jantung.

Baca Juga:Basmi Kolesterol Jahat dengan 4 Minum Ini, Dijamin Kamu Kuat Makan Daging 5 Kg SekaligusBahan Alami untuk Turunkan Kolesterol Selain Bawang Putih, Makan Ini Jika Kamu Mulai Klenyengan Karena Banyak Makan Daging Kurban

Selain mendatangi fasilitas kesehatan, kamu juga dapat melakukan cara cek kolesterol sendiri di rumah.

Berikut ini adalah cara melakukan pengecekan kolesterol di rumah agar hasilnya maksimal.

 1. Persiapan Pengecekan Kolesterol di Rumah

Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, dapat terjadi penumpukan plak pada arteri. Jika dibiarkan, kondisi ini berisiko meningkatkan kemungkinan serangan jantung atau stroke pada penderitanya.

Mengetahui kondisi kadar kolesterol setiap hari sangat membantu, terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi. Hal ini menjadi langkah awal untuk mengontrol kesehatan tubuhmu.

Jika saat pengecekan kadar kolesterol ditemukan tinggi, segera ambil tindakan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol atau mencegah penyakit kolesterol semakin parah.

Selain pengecekan kadar kolesterol di rumah sakit atau fasilitas kesehatan, pengecekan mandiri di rumah juga bisa dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik agar hasilnya akurat.

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pengecekan kolesterol di rumah, pastikan kamu telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan:

 a. Alat Pengecekan Kolesterol

Baca Juga:Amalan Idul Adha untuk Wanita Haid: Ibadah dan KeutamaanSekjen PDIP Hasto Sanjung Ridwan Kamil Disebut Sebagai Bakal Cawapres, PPP: Tetap Sandiaga Uno

Pilihlah alat pengecekan kolesterol yang berkualitas dan terpercaya. Ada berbagai jenis alat yang tersedia di pasaran, seperti perangkat monitor kolesterol dan strip pengujinya. Pastikan membeli alat yang memiliki reputasi baik dan memiliki akurasi yang tinggi.

b. Kertas Rekam Hasil Pengecekan

Sediakan kertas atau catatan khusus untuk mencatat hasil pengecekan kolesterol. Dengan mencatat hasil secara teratur, kamu dapat memantau perubahan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

c. Kapas dan Alkohol

Pastikan kamu memiliki kapas dan alkohol untuk membersihkan area kulit sebelum melakukan pengecekan. Kebersihan kulit yang baik dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih akurat.

0 Komentar