Inovatif, Pemkab Buka Layanan Pernikahan Gratis

Pernikahan Gratis
0 Komentar

Bantu Kurangi Angka Pernikahan Anak Usia Dini dan di Luar Nikah

PURWAKARTA-Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Menghadiri Pernikahan Gratis Perdana, bertempat di Mall Pelayanan Publik Madukara, Senin (3/7).

Dalam sambutannya, Ambu Anne, panggilan akrab bupati, menyebutkan, pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang diakui di hadapan Allah SWT dan juga negara. “Pemerintah Kabupaten Purwakarta memberikan sebuah inovasi, di mana, pencatatan pernikahan gratis perdana ini dapat membantu mengurangi angka pernikahan anak usia dini dan pernikahan di luar nikah,” kata Ambu Anne.

Sebagai wujud pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin membina rumah tangga, kata Ambu Anne, Pemkab Purwakarta memberikan fasilitas nikah gratis untuk warganya. Fasilitas nikah gratis tersebut, sebutnya, terdapat di Mal Pelayanan Publik atau MPP Bale Madukara, tepatnya di Bale Nikah. Tempat ini untuk mencatatkan pernikahan secara gratis yang biayanya akan dibebankan pada APBD.

Baca Juga:Siswa SMK 45 Lembang Praktik Penyembelihan Hewan KurbanKunjungan TWA Gunung Tangkuban Parahu Menurun

Pemerintah Kabupaten Purwakarta pun, sambungnya, mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kemenag Kabupaten Purwakarta dan DPMPTSP yang telah berkolaborasi memberikan layanan pencatatan pernikahan gratis.

“Pencatatan pernikahan ini dapat menjamin status keabsahan pernikahan antara pengantin pria dan pengantin wanita. Tanpa pencatatan, maka status keabsahan pernikahan tersebut tidak dapat diakui secara hukum,” ujar Ambu Anne.

Dengan adanya program ini, lanjutnya, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengurus pencatatan pernikahan dengan biaya yang lebih terjangkau. “Melalui Mal Pelayanan Publik, para pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan dapat mendapatkan berbagai layanan yang diperlukan dengan mudah. Mulai dari pendaftaran, pengisian formulir, pembuatan akta pernikahan, hingga proses administrasi lainnya secara gratis,” ucapnya.(add/sep)

0 Komentar