Siswa SMK 45 Lembang Praktik Penyembelihan Hewan Kurban

SMK 45 Lembang
0 Komentar

BANDUNG BARAT– SMK 45 Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk praktik ibadah Idul Adha 2023 atau 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah bagi para siswa. Dengan praktik ibadah kurban tersebut, diharapkan, siswa SMK 45 Lembang bisa terampil menyembelih dan mengurus daging kurban ketika terjun ke masyarakat nanti.

Kepala SMK 45 Lembang, Denny Mariana menyampaikan, sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, para siswa SMK 45 Lembang telah diberi pengetahuan terkait tata cara menyembelih hewan kurban berdasarkan adab dan tata cara islami. “Jadi mereka dididik kalau sudah menyelesaikan sekolah di SMK 45 dan sudah dewasa, mereka bisa menyembelih hewan kurban sendiri secara baik dan benar,” ucap Denny di SMK 45 Lembang, Sabtu (1/7).

Selain diajarkan tata cara menyembelih hewan kurban, dia menuturkan, para siswa SMK 45 Lembang juga diajarkan berbagai cara dalam mengurus hewan kurban setelah disembelih. “Kami mengajarkan juga cara menyisit kulit hewan kurban, cara memotong daging kurban sebelum ditimbang dan dibagikan ke masyarakat,” terangnya.

Baca Juga:Kunjungan TWA Gunung Tangkuban Parahu MenurunCamat Puji Kontribusi Pelabuhan Patimban ke Masyarakat

Dibeberkan Denny, di tahun 2023 ini, SMK 45 Lembang hanya menyembelih satu ekor sapi saja tidak seperti pada pelaksanaan ibadah kurban di tahun-tahun sebelumnya. “Kurban tahun ini memang hanya satu sapi dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa jadi daging kurbannya hanya untuk para siswa SMK 45 Lembang saja,” ujarnya.

“Tahun sebelumnya, kami bagikan daging kurban ke masyarakat, tapi kalau sekarang karena cuma menyembelih satu ekor sapi maka kita bagikan untuk para siswa kami saja,” ungkapnya.

Satu ekor sapi yang disembelih, disampaikan dia, merupakan hasil iuran para siswa secara sukarela yang ditambah dari pihak sekolah. “Memang kurban ini sebagai upaya untuk praktik para siswa dalam implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kita tidak memungut iuran kurban tapi itu inisiatif para siswa saja untuk praktik sehingga kami pihak sekolah turut membantu dengan menambah untuk kekurangannya,” katanya.

Diharapkan Denny, ke depannya, SMK 45 Lembang bisa menyembelih hewan kurban lebih dari satu ekor sehingga, sepertinpada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat di sekitar sekolah pun mendapatkan bagian daging kurban. “Mudah-mudahan ke depan selain siswa kami semakin terampil dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, juga hewan kurban bisa lebih dari satu ekor biar masyarakat juga bisa kebagian,” pungkasnya.(eko/sep)

0 Komentar