Pemkab Purwakarta Optimalkan Potensi Destinasi

Pemkab Purwakarta
0 Komentar

Pengembangan SDM Jadi Krusial

PURWAKARTA-Upaya mengoptimalkan tata kelola kelembagaan dan pemetaan potensi daya tarik destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, Pemkab Purwakarta dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) lakukan pembinaan dan pendataan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kegiatan yang digelar di Objek Wisata Bungursari Lake Park itu dalam rangka memicu semangat bagi Pokdarwis untuk bergerak aktif bersama masyarakat di lingkungan destinasi dalam pengembangan pariwisata.

Ketua Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (FK Pokdarwis) Kabupaten Purwakarta, Mokhamad Aripin, mengatakan, Pokdarwis merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dan mensukseskan pembangunan pariwisata nasional. Pelatih dan pendataan Pokdarwis ini, Kata dia, sangat penting dalam peningkatan pengetahuan dan motivasi bagi pelaku pariwisata khususnya Pokdarwis mengelola destinasi dan daya tarik wisata yang berdaya saing.

Baca Juga:Revitalisasi Alun-alun Lembang Tak Sesuai Janji HengkyKetua RT Respon Baik Masa Jabatan Kades Sembilan Tahun

“Purwakarta memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan sektor pariwisata. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang krusial dalam mendukung pertumbuhan sektor ini,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, belum lama ini (6/7).

Kang Ipin menilai, Kabupaten Purwakarta perlu berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi para pelaku pariwisata agar dapat memberikan pengalaman yang unik dan berkesan bagi para wisatawan.

Selain itu, lanjut dia, pemberdayaan masyarakat juga menjadi salah satu aspek penting dalam pengelolaan destinasi pariwisata. “Untuk pengembangan potensi wisata di Kabupaten ini perlunya kerjasama antara pemerintah daerah, Pokdarwis, dan masyarakat lokal sangat diperlukan. Maka dari itu, melalui peran aktif Pokdarwis, diharapkan potensi wisata di Kabupaten Purwakarta dapat dioptimalkan dengan baik,” ungkapnya.

Dengan adanya SDM yang berkualitas, tambah Kang Ipin, pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan kesan yang positif tentang Purwakarta. “Melalui upaya optimalisasi potensi destinasi pariwisata melalui komponen 4 A (Attraction, Access, Amenity, dan Ancillary), Purwakarta berupaya menjadi tujuan wisata yang menarik dan berkelanjutan,” sebutnya.

Kang Ipin mengajak, Pokdarwis Kabupaten Purwakarta harus kreatif. Karena melalui kreativitas dan keunikan merupakan salah satu hal yang mampu menjadi pembeda agar wisatawan mau berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Purwakarta. “Pokdarwis harus mampu menghadirkan keunggulan komparatif dan kompetitif. Dengan demikian, akan terus muncul produk dan jasa kreatif,” ucap Kang Ipin.

0 Komentar