Fakta di Balik Programmer yang Sulit Dipahami: Sejarah & Perkembangannya

programmer
ilustrasi saat sedang menjadi programmer
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESProgrammer atau programer adalah seseorang yang membuat atau mengembangkan program komputer.

Profesi programmer melibatkan kemampuan untuk memahami bahasa pemrograman, logika komputer, dan algoritma untuk membuat program komputer yang berfungsi dengan baik.

Seorang programmer dapat bekerja untuk perusahaan teknologi, start-up, atau organisasi non-profit untuk membuat dan mengembangkan program yang dapat membantu bisnis, masyarakat, atau pengguna individu.

Baca Juga:10 Wisata Mirip Pantai Daerah Sumedang yang Bikin Kamu Gak Kecewa!33 Tempat Wisata Baru Sumedang yang Patut Kamu jadikan Destinasi liburan

Mereka bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara program komputer untuk memastikan kinerja yang optimal.

Selain itu, programmer juga dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, game, aplikasi mobile, dan banyak lagi.

Dalam bidang ini, programmer dapat memilih untuk fokus pada satu atau beberapa bahasa pemrograman tertentu, seperti Python, Java, JavaScript, C++, dan banyak lagi.

Dalam era digital saat ini, programmer sangat dibutuhkan di berbagai industri dan menjadi salah satu profesi yang sangat dicari dan berkembang pesat.

Sejarah

Sejarah programmer dimulai pada tahun 1800-an ketika Charles Babbage menciptakan mesin analitik.

Mesin ini adalah mesin komputasi mekanis pertama yang dianggap sebagai pendahulu komputer modern.

Namun, pada saat itu, profesi programmer belum ditemukan.

Pada tahun 1930-an, Ada Lovelace, seorang matematikawan dan penulis Inggris, dianggap sebagai orang pertama yang menulis program komputer.

Baca Juga:Index Website Dengan Google API Key Maps ? Emang Bisa? Simak Langkahnya di SINI!Terungkap Pengantin Wanita Hilang Setelah Pernikahan: Kisah Cintanya Menjadi Motif Melarikan Diri

Dia menulis algoritma untuk mesin Babbage, yang kemudian dianggap sebagai program komputer pertama di dunia.

Pada tahun 1940-an, John Atanasoff dan Clifford Berry menciptakan komputer pertama, yang dikenal sebagai Atanasoff-Berry Computer (ABC).

Kemudian, pada tahun 1946, John Mauchly dan J. Presper Eckert menciptakan komputer ENIAC, yang dianggap sebagai komputer pertama yang dapat diprogram.

Mulai tahun 1960-an, IBM memperkenalkan bahasa pemrograman COBOL, yang kemudian menjadi bahasa pemrograman paling populer pada saat itu.

0 Komentar