Pertemuan Kemitraan Potensi Kerja Sama untuk Wahana Publik Jabar Command Center

Wahana Publik Jabar Command Center
Wahana Publik Jabar Command Center
0 Komentar

KOTA BANDUNG – Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Jabar Digital Service (JDS) menggelar Rapat Pertemuan Kemitraan, di Ruang Pertemuan Sanggabuana, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (7/7/2023).

Tujuan rapat tersebut untuk memaksimalkan potensi kolaborasi pentahelix dalam upaya pengembangan wahana publik Jabar Command Center (JCC).

Kegiatan diselenggarakan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang didampingi oleh tim dari UPTD Pusat Layanan Digital, Data dan Informasi Geospasial (PLDDIG), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:Sukamiskin Wakili Jabar Lomba , Atalia: Sentuhan Perempuan Jadi Tolok UkurGubernur Ridwan Kamil Lantik 1.664 PNS Fungsional, Minta Pegawai Beri Dedikasi Tinggi

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan provinsi digital adalah pembangunan Jabar Command Center. Sejak diresmikan, Wahana Publiknya belum sempat dibuka untuk umum. Acara FGD ini diharapkan bisa menjadi gerbang pembuka untuk para mitra bekerja sama dengan JDS untuk menampilkan produknya di Jabar Command Center,” kata Kepala UPTD PLDDIG Rizki Hustiniasari.

Beberapa mitra yang hadir diantaranya CityPlan, PT Bhinneka, Indonesia Metaverse Hub, Google Indonesia, Prosa AI, PT Sembilan Matahari, Antrique, 1000 Startup, E-Fishery, Carte, Kami Kerja Remote, QSOFT, dan Ayena Studio. Beberapa orang dari komunitas Jabar Digital Community dan 1000 Startup juga menghadiri secara online.

Acara FGD dibagi menjadi empat sesi, dipandu oleh Cindytia Fitriani, selaku Program Manager dari JDS. Sesi pertama membahas feedback terkait Command Center Jawa Barat, sesi kedua berisi paparan atau usulan produk yang ditawarkan oleh mitra, sesi ketiga membahas kesepakatan tindak lanjut hasil FGD, dan sesi keempat adalah pemaparan kesimpulan, penutupan dan visitasi ke Command Center Jawa Barat.

Masukan dari mitra sangat beragam, mencakup penggunaan teknologi AI untuk photobooth, pembuatan ruang talkshow, aplikasi gamification, fasilitas website untuk penyandang disabilitas, hingga penggunaan Virtual Reality (VR) untuk wisata Jawa Barat.

Mitra yang berkolaborasi dengan JDS dan JCC akan menerima berbagai manfaat, termasuk meningkatnya citra dan reputasi, peluang untuk memperluas jangkauan bisnis, dan kesempatan untuk meningkatkan kapabilitas dan potensi pertumbuhan mereka.

JDS mempunyai hubungan kerja sama dengan Perangkat Daerah (PD) yang tersebar di 27 kabupaten/kota dan desa di seluruh Jawa Barat, serta memiliki 37 mitra di luar pemerintah. Keuntungan ini memungkinkan mitra untuk memperluas cakupan publikasi produk mereka ke wilayah yang lebih luas.

0 Komentar