Perbedaan Baking Soda dan Bakin Powder Beserta Dengan Manfaatnya

Perbedaan Baking Soda dan Bakin Powder Beserta Dengan Manfaatnya
Perbedaan Baking Soda dan Bakin Powder Beserta Dengan Manfaatnya foto. pinteres
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Mungkin kamu tidak asing dengan baking soda dan bakin powder, salah satu bahan untuk membuat kue bukan? namun bakin soda maupun baking powder sangat berbeda begitun manfaatnya.

Untuk itu artikel ini akan memberikan kamu informasi mengenai perbedaan dari baking soda dan baking powder beserta dengan manfaatnya.

Perbedaan Baking Soda & Baking Powder 

Baking Soda adalah tambahan bahan untuk membuat kue, namun baking soda mempunyai bahan kimia yaitu sodium bikarbonat atau natrium bikarbonat.

Baca Juga:Fenomena Aphelion, Bumi Bearada Jauh Dari MatahariBumi Memasuki Era Antropesen, Waktu Kehancuran Bumi Sangat Semakit Dekat

Sedangkan baking Powder mempunyai bahan yang lebih ringan dari pada baking soda, terdapat kandungan fenstabil lembam yang membuat baking powder terasa lebih asam.

Manfaat Soda Kue Atau Baking Soda

Baking soda mengandung zat ragi yang sering sekali menjadi bahan makanan yang diolah dengan cara dipanggang.

Sebenarnya soda kue yang benar-benar asli memiliki sifat yang basa, Jika kamu oven kue yang menggunakan bahan soda kue ini makanan tersebut akan mengembang dan lembut. maka dari itu beberapa makanan harus menggunakan bahan ini untuk menyempurnakannya.

Manfaat Baking Powder Atau Bubuk Pengembang 

Nama yang hampir mirip namun mempunyai kegunaan yang berbeda, itulah baking soda dan baking powder.

Bubuk pengembang mengandung zat ragi lengkap dengan asam dan basa, bubuk pengembang memiliki kandungan tepung jagung. bahan ini berfungsi untuk mencegah aktivasi sifat asam dan basa selama proses penyimpanan.

Saat mencampurkan bahan pengembang dalam resep makanan, kandungannya akan menciptakan dua reaksi yang terpisah. Hal itu terjadi saat kamu mencampurnya pada cairan bersuhu ruangan atau panas.

Sementara itu, pada jenis makanan tertentu, reaksi ini dapat menguntungkan. Sebab, perkembangan ragi tidak terjadi sekaligus, sehingga menghasilkan bentuk yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:Pinjaman BCA Bunga 1% Langsung Cair Tanpa Jaminan! Pengajuan Bisa Online di HPHarga Awal 5.000, Berikut Targa Tiket dan Rute 26 Kereta Ekonomi Dengan Kursi Premium

Efek Samping Menggunakan Baking Soda dan Baking Powder

Meski mempunyai manfaat yang baik untuk bahan makanan, namun baking soda atau baking powder mempunyai efek samping untuk kesehatan badan jika kamu konsumsi berlebihan.

Buku Sodium Bicarbonate oleh StatPearls Publishing menyebutkan bahwa natrium bikarbonat adalah senyawa kimia yang dapat memicu keterlambatan konduksi jantung. Selain itu, senyawa tersebut juga memicu asidosis metabolik, kondisi ketika terjadi peningkatan kadar asam dalam tubuh.

0 Komentar