Hati-Hati Blue Righ Pada Mata Yang Diakibatkan Oleh Gedget

Hati-Hati Blue Righ Pada Mata Yang Diakibatkan Oleh Gedget
Hati-Hati Blue Righ Pada Mata Yang Diakibatkan Oleh Gedget
0 Komentar

Semua orang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan gadget atau komputer. Baik itu hanya melihat sosial media, menonton TV, belajar atau bekerja, atau bahkan menghadiri rapat atau webinar, semua orang membutuhkan bantuan gadget. Rasanya ada yang kurang ketika kita tidak menyentuh handphone selama sehari saja.

Namun, tidak ada ahli kesehatan yang merekomendasikan penggunaan perangkat secara terus menerus. Efek negatif yang akan di hasilkan dari melihat layar hp, laptop, tv maupun yang lainnya dalam waktu lama antara lain pusing, sakit kepala, kelelahan mata, dan mata kering.

Ini karena perangkat memancarkan cahaya biru yang dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Baca Juga:Resep Fuyunghai Asam Manis Dengan Cita Rasa Gurih, Mempunyai Tekstur Lembut Yang Bikin Kamu KetagihanSelain Bumbu Dasar Masakan, Berikut Beberapa Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

Apa Itu Blue Righ?

Cahaya biru adalah cahaya tampak dengan panjang gelombang 400-450 nanometer (nm). Seperti namanya, jenis cahaya ini disebut biru. Namun, cahaya biru dapat terjadi bahkan jika cahaya dianggap putih atau warna lain.

Emisi cahaya biru menjadi perhatian khusus karena memiliki lebih banyak energi per foton cahaya yang dapat menghasilkan radikal bebas daripada warna lain dalam spektrum yang terlihat, seperti cahaya hijau atau merah.

Selain itu, mata manusia tidak dapat menghalangi cahaya biru memasuki retina dengan baik. Akibatnya, dalam dosis yang cukup tinggi, cahaya biru dapat memicu kerusakan oksidatif pada sel retina yang peka terhadap cahaya dan berdampak negatif pada kesehatan mata.

Itu sebabnya banyak yang mengkhawatirkan radiasi cahaya biru. Mereka juga percaya, bahwa sekitar 50 persen pengguna komputer dipengaruhi oleh ketegangan mata digital, atau sindrom penglihatan komputer. Gejala dapat berkisar dari ringan hingga berat, seperti mata kering dan mudah tersinggung.

Cara Melindungi Mata Dari Radiasi Blue Righ

Cara termudah untuk mencegah paparan berlebihan terhadap cahaya biru adalah mengatur waktu yang Anda habiskan menggunakan gedget. Pastikan Anda beristirahat secara teratur.

Untuk mencegah terjadinya masalah pada mata, kamu juga dapat memastikan bahwa mata selalu tercukupi nutrisinya. Salah satu caranya adalah dengan makan lebih banyak buah dan sayuran, yang tinggi antioksidan dan nutrisi penting lainnya.

0 Komentar