Cara Merawat Baterai Motor Listrik Menurut Ahli dari Alva, Penting Nih

Motor listrik Ofero
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – ALVA, produsen motor listrik, telah mengadakan kegiatan edukasi yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang cara merawat baterai motor listrik.

Kali ini, ALVA menyampaikan tips-tips penting kepada anggota ALVA Riders Community (ARC) mengenai waktu yang tepat untuk melakukan pengisian ulang baterai, serta bagaimana cara menyimpan baterai dengan aman.

“Kenyamanan dan kepercayaan pengguna merupakan prioritas ALVA. Kegiatan Coaching Clinic ini merupakan dukungan kami agar pengguna dapat semakin mengenal motor listrik ALVA Cervo yang baru diluncurkan,” kata Chief Marketing Officer ALVA, Putu Yudha, dalam acara yang digelar di ALVA Experience Center pada tanggal 15 Juli 2023.

Baca Juga:Hari Kemenkumham ke 78, Lapas Subang Gelar Bakti SosialSatnatkoba Polres Subang Sosialisasi Bahaya Narkotika Pada Pelajar

Baterai ALVA Cervo yang digunakan merupakan tipe Lithium NCM, dengan berat sebesar 12,3 kg dan kapasitas sebesar 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh).

Baterai ini sudah didukung oleh fitur fast charging, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya kedua baterai hanya dalam waktu empat jam.

Berikut adalah beberapa tips penting dalam pemeliharaan baterai ALVA Cervo yang disampaikan dalam Coaching Clinic kali ini:

1. Segera mengisi baterai ketika kapasitasnya sudah mencapai 20%.

2. Jika motor tidak akan digunakan dalam waktu lama, putuskan aliran listrik dan simpan ALVA Cervo di tempat yang aman. Buka penutup baterai atau keluarkan baterai dari dock-nya.

3. Pastikan baterai terhindar dari paparan air dan debu saat penutup dibuka atau ketika baterai dikeluarkan dari tempatnya.

4. Saat menyimpan baterai, pastikan kapasitasnya berada pada kisaran 40% – 60% (tidak boleh kurang dari 40%). Suhu tempat penyimpanan baterai harus antara -20 0C hingga 25 0C, dengan kelembaban di bawah 60% RH.

Tak hanya itu, ALVA juga memberikan informasi penting mengenai cara membuka ban, khususnya mur belakang (Rear wheel center nut) yang harus diputar searah jarum jam dengan menggunakan alur kiri.

Baca Juga:Tecno Pova 5G Kolaborasi dengan Garena Free Fire, Apa Saja Keunggulannya? Intip di SiniMeluncur Sehari Sebelum Redmi 12, Ini Spek Tecno Pova 5 Ponsel Hebat dengan Baterai Super Daya Tahan

Selain itu, ALVA juga memberikan tips untuk melembutkan shock ALVA Cervo dengan mengendurkan dua baut cover sokbreker belakang kemudian memutar cover sokbreker hingga penyetel sokbreker terlihat.

Pengguna juga disarankan untuk menggunakan tools khusus agar prosesnya berjalan lancar.

Dengan edukasi yang diberikan, diharapkan para pengguna motor listrik ALVA dapat dengan lebih baik merawat baterai mereka, sehingga motor tetap berfungsi optimal dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

0 Komentar