Dr Aqua Dwipayana Desak Hadirnya Etika dalam Berinternet dan Bermedia Sosial

Dr Aqua Dwipayana Desak Hadirnya Etika dalam Berinternet dan Bermedia Sosial
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana
0 Komentar

Selanjutnya adalah nilai gotong royong. Nilai gotong royong sangat kuat dalam budaya Minangkabau. Masyarakat Minangkabau terbiasa bekerja sama secara bergotong royong dalam berbagai kegiatan, mulai dari membantu tetangga dalam acara adat, membangun rumah, hingga mengadakan acara sosial. “Gotong royong mencerminkan kearifan lokal dalam semangat kebersamaan, saling tolong-menolong, dan kepedulian terhadap sesame,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Nilai budaya yang penting lainnya adalah “Di mana bumi diinjak, di sana langit dijunjung”. Ini ungkapan dalam bahasa Minangkabau yang memiliki makna filosofis. Ungkapan ini mengandung arti bahwa kita harus menghormati dan menjaga keseimbangan antara diri kita dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar kita.

“Makna filosofis dari ungkapan ini mengajarkan kita untuk menghargai dan menghormati tempat, lingkungan, dan masyarakat di mana kita berada. Kita diingatkan untuk menjaga keseimbangan dalam interaksi kita dengan dunia di sekitar kita. Artinya, kita harus menghormati dan menjaga lingkungan, nilai-nilai sosial, adat istiadat, hukum, dan tradisi yang ada di tempat tersebut,” pungkas Dr Aqua Dwipayana yang dalam komunikasi selalu santun dan menghargai latar belakang budaya pihak yang diajak bicara.

0 Komentar