Mahasiswa Universitas Mandiri Ajak Kurangi Penggunaan Plastik

Universitas Mandiri
0 Komentar

SUBANG-Dalam melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Mandiri melakukan pengabdian pada masyarakat.

Pengabdian pada masyarakat tersebut mengambil tema “Menumbuhkan dan Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa/i Terhadap Masyarakat”, yang bertempat di Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang.

Dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat, mahasiswa Unviresitas Mandiri mengajak para pelajar dan warga setempat untuk sadar akan bahaya sampah plastik.

Baca Juga:Pengangkatan PPPK Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Guru, Demi Perbaikan Kualitas PendidikanPengawasan Partisipatif Minimalisir Pelanggaran Pemilu, Ajak Masyarakat Turun Aktif

“Program ini berfokus terhadap meningkatkan kesadaran siswa/i Sekolah Dasar yang ada di lingkungan Desa Sadawarna dan masyarakat setempat tentang potensi bahaya sampah plastik,” ujar Ketua Himateka Universitas Mandiri, Tegar Noprizal M.

Tegar mengatakan, sampah menjadi masalah yang sangat berbahaya saat ini khususnya sampah plastik. Plastik sebagai produk rumah tangga sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam penggunaannya.

“Akhirnya ada permasalahan yang timbul, manakala sampah plastik tidak dikelola dengan baik dalam proses pembuangannya,” ucapnya.

Maka dari itu, lanjut Tegar, dalam upaya menyadarkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik, Himatika Universitas Mandiri memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga dan pelajar akibat bahaya sampah plastik.

“Hal ini bukan tanpa alasan, sampah plastik tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan tetapi juga berdampak buruk bagi manusia. Oleh karena itu, program ini dilakukan sebagai upaya pengenalan masyarakat mengenai bahaya sampah plastik dan pencegahannya,” jelasnya.

Selain itu, mahasiswa Himatika Universitas Mandiri juga berkoordinasi dengan pemerintah pihak setempat yakni Dinas Lingkungan Hidup untuk ikut berpartisipasi dalam membangun kesadaran pelajar dan masyarakat terhadap pengelolaan sampah.(cdp/ysp)

0 Komentar