Pramuka Ekstrakurikuler Favorit SDN KH. Dewantara Pusakanagara

Pramuka
0 Komentar

SUBANG-Sekolah Dasar Negeri (SDN) KH. Dewantara, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang memiliki program ekstrakurikuler yang banyak menarik minat para siswa. Esktrakurikuler paling populer di sekolah tersebut adalah Pramuka.

Kepala SDN KH. Dewantara, Rahman Hidayat menyampaikan, selain ekstrakurikuler yang diwajibkan oleh pemerintah, ekskul ini juga banyak diminati para siswa karena melalui kegiatan pramuka para siswa dapat membangun mental.

“Selain membentuk mental, ekskul Pramuka juga dapat membentuk karakter siswa kepada hal yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga:Kepala Sekolah SDN Cisaat, Meniti Karir dari Nol Menjadi SukarelawanKasus Pembunuhan Ibu dan Anak, 124 Saksi Diperiksa, Tapi Belum Ada Tersangka

Menurutnya, ekskul Pramuka ini baik bagi mental keagamaan siswa, mental bernegara, dan mental berbakti kepada orang tua melalui penjabaran Dwi Satya dan Dwi Darma bagi tingkat Siaga. Tri Satya dan Dasa Darma bagi tingkatan Penggalang.

Ia mengatakan, ekskul Pramuka SDN KH. Dewantara pernah mendapat penghargaan pada kegiatan perkemahan pingkat kecamatan di beberapa perlombaan.

Selain ekskul favorit, lanjut Rahman Hidayat, SDN KH. Dewantara juga memiliki ekskul lain yakni ekskul olahraga di antaranya futsal, senam, dan ekskul kesenian yaitu seni suara, seni tari, dan sisingaan sebagai mulok wajib.
Dia bersama para guru lainnya selalu mendidik para siswa-siswinya untuk tetap konsisten dalam ekskul yang dipilihnya.

“Konsistensi dari semua pihak di sekolah untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler tersebut, karena apalah artinya sebuah program apabila tidak didukung oleh semua pihak yang terkait,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya ekstrakulikuler di SDN KH. Dewantara dapat menumbuhkan karakter baik bagi para siswa untuk bekal menghadapi masa depan kelak.

“Tumbuhnya karakter yang baik sebagai bekal menghadapi masa depan dan menghadapi kemajuan teknologi serta kemajuan ekonomi dengan perkembangan pembangunan Pelabuhan Patimban,” pungkasnya.(cdp/ysp)

0 Komentar