Agustusan, Simak Ide untuk Memeriahkan Hari Kemerdekaan dalam Riuh Rasa Nasionalisme

Agustusan, Foto Bendera Merah Putih via Unsplash-Nick Agus Arya
Agustusan, Foto Bendera Merah Putih via Unsplash-Nick Agus Arya
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESAgustusan adalah istilah yang merujuk pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Hari ini diperingati untuk mengenang dan merayakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda, yang secara resmi dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Selama perayaan Agustusan, berbagai acara dan kegiatan diadakan di seluruh Indonesia, baik di tingkat nasional, provinsi, kota, maupun tingkat lokal.

Agustusan bukan hanya peringatan sejarah penting bagi Indonesia,

Baca Juga:WASPADA! Netizen Sering Melihat Pemotor Bersenjata di Sekitaran Dawuan Subang, Polisi: Belum Ada Laporan Warga!Angklung Pramuka Kota Bandung Siap Tampil Pada Jambore Internasional di Korea Selatan

tetapi juga merupakan momen untuk menghargai jasa para pahlawan dan pejuang yang berjuang untuk kemerdekaan serta untuk mempererat semangat persatuan dan nasionalisme di antara masyarakat Indonesia.

Agustusan

Ide-ide kegiatan Agustusan bertujuan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat nasionalisme dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Berikut beberapa ide kegiatan Agustusan yang umumnya dilakukan di berbagai tingkat, mulai dari sekolah hingga masyarakat umum:

Pawai Bendera dan Upacara Bendera:

Pawai dengan peserta yang mengenakan pakaian merah dan putih dan membawa bendera merah-putih dapat mengisi jalanan dan memberikan semangat kemerdekaan kepada masyarakat.

Upacara bendera juga dilakukan di berbagai tempat, di mana bendera Indonesia diangkat dengan khidmat.

Lomba Tradisional:

Lomba-lomba tradisional seperti balap karung, tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan lomba memasukkan paku ke dalam botol bisa menjadi hiburan yang meriah dan mengingatkan pada tradisi lokal.

Pentas Seni Budaya:

Pertunjukan seni seperti tarian, musik, drama, dan pertunjukan lain yang menggambarkan semangat kemerdekaan dan nilai-nilai nasionalisme bisa menjadi bagian dari perayaan.

Lomba Menggambar atau Mewarnai:

Baca Juga:Garut Terus Berinovasi, Bimtek Masterplan Smart City Tahun 2023 Kembali DigelarSekda Kabupaten Bogor Apresiasi Kunjungan Peserta PKP Angkatan IV TNI-AL Tahun 2023

Mengajak anak-anak untuk menggambar atau mewarnai gambar-gambar yang terkait dengan tema kemerdekaan Indonesia dapat menjadi cara yang baik untuk mendekatkan mereka pada sejarah dan nilai-nilai patriotisme.

0 Komentar