Bersaksi di Persidangan, dan Dongeng Sepatu LV Rp17 Juta Yana Mulyana

DIWAWANCARAI: Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat diwawancarai awak media terkait penanganan penyebaran Covid-19 di Balai Kota Bandung, Rabu (6/7). JABAR EKSPRES
DIWAWANCARAI: Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat diwawancarai awak media terkait penanganan penyebaran Covid-19 di Balai Kota Bandung, Rabu (6/7). JABAR EKSPRES
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Wali Kota Bandung yang sedang dalam masa nonaktif, Yana Mulyana, menceritakan kisahnya tentang sepasang sepatu merek Louis Vuitton (LV) senilai Rp 17 juta.

Dalam persidangan yang diadakan oleh Pengadilan Negeri Tipikor Bandung pada Senin (7/8/2023), Yana menjadi saksi dalam kasus suap terhadap terdakwa dari sektor swasta.

Di antara mereka adalah Sony Setiadi, Direktur Utama PT Citra Jelajah Informatika (PT CIFO), Benny, Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA), serta Andreas Guntoro, Manajer Vertical Solution PT SMA.

Baca Juga:Imbas Kasus OTT Basarnas, Kelompok Koalisi Masyarakat Sipil Menuntut IniPengadilan Negeri Subang Tanding Futsal Persahabatan dengan Media Pasundan Ekspres

Menurut keterangan Yana, peristiwa itu terjadi ketika dirinya berada di rumah dinas. Dadang Darmawan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, datang dengan mendadak dan menyodorkan amplop berisi uang sebesar Rp 50 juta kepada Yana.

Pemberian uang tersebut disertai dengan informasi mengenai mudik gratis. Dadang mengungkapkan kekhawatirannya bahwa banyak yang meminta Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Yana yang saat itu masih menjabat sebagai wali kota.

Yana kemudian menjelaskan tentang pembelian sepasang sepatu Louis Vuitton (LV) yang dilakukannya saat berada di Thailand.

Ia mengunjungi berbagai tempat, termasuk KBRI dan pusat perbelanjaan di Bangkok yang dianggapnya sebagai kota cerdas yang terorganisir dengan baik.

Di tengah perjalanannya, Yana bersama Sekretaris Dishub Bandung nonaktif, Khairur Rijal, pergi ke sebuah toko Louis Vuitton.

Yana bertanya tentang ukuran sepatu, dan setelah mencari sepatu yang sesuai, ia berniat untuk membayarnya.

Namun, Rijal telah lebih dulu membayar sepatu tersebut, sehingga Yana berjanji akan mengganti uang kepada Rijal.

Baca Juga:Dituding Selingkuh hingga Hamil, Lina Marlina Mengaku Sudah Menjanda Sejak 2022Formasi Lowongan CPNS 2023 dan PPPK yang Bakal Dibuka pada Bulan September, Cek di Sini

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menanyakan harga sepatu tersebut, dan Yana menjawab bahwa harga setara dalam rupiah adalah Rp 17 juta.

Yana juga mengungkapkan bahwa ia dikenalkan kepada Sonny Setiadi oleh Khairur Rijal pada Desember 2022 di Pendopo Wali Kota Bandung.

Saat pertemuan itu, Yana diberi amplop coklat yang awalnya ia kira berisi brosur, tetapi ternyata berisi uang.

Meskipun ia tidak ingat jumlah uangnya, Yana mengatakan bahwa uang tersebut akan digunakan untuk kepentingan sosial dan aspirasi masyarakat.

Sonny Setiadi kemudian mengirimkan pesan singkat kepada Yana yang berisi dukungannya terhadap program kota Bandung, termasuk pengembangan titik-titik internet dan taman di Bandung.

0 Komentar