SDN Cisaat Sudah Terapkan Kurikulum Merdeka, Buat Siswa Lebih Nyaman Belajar

SDN Cisaat
0 Komentar

SUBANG-Kurikulum Merdeka telah sudah banyak diterapkan di berbagai sekolah, salah satunya di SDN Cisaat. Sebagaimana tujuan dari Kurikulum Merdeka ini yaitu untuk menyederhanakan atau menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Peserta didik diharapkan dapat dengan mudah memahami materi dan kebebasan dalam memilih minat juga bakatnya.

“Alhamdulillah Kurikulum Merdeka di SDN Cisaat ini sudah dilaksanakan dari mulai persiapan mengajarnya, bukunya sudah ada dan guru-gurunya juga sudah bisa merealisasikan,” ungkap Kepala SDN Cisaat, Saripah SPd kepada Pasundan Ekspres, Kamis (10/8).

Penerapan kurikulum merdeka di SDN Cisaat sudah berjalan sebagai mana mestinya. Pelaksanaannya pun bertahap mulai dari kalas 1 dan 4. Kemudian pada tahun ajaran baru sekarang ditambah kalas 2 dan 5. Sedangkan untuk kelas 3 dan kelas 6 belum diterapkan.

Baca Juga:Olahraga Perkuat Persatuan dan Kesatuan Warga dalam Memperingati HUT RI ke-78Air Ajaib Samadhi Miliki Kandungan pH Tinggi dan Kaya Mineral

Terdapat lima konsep yang diterapkan atau biasa disebut 5P yang meliputi pembelajaran, penilaian, pengembangan kurikulum, pengembangan profesional guru, dan pemantauan serta evaluasi.

Konsep tersebut diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih efektif dan efisien dalam proses belajar dan mengajar.

“Pada Kurikulum Merdeka sekarang terdapat perbedaan dari kurikulum sebelumnya salahnya yaitu mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS),” ujarnya.

Tujuan dari mata pelajaran IPAS ini untuk melatih para agar dapat mengelola juga memelihara lingkungan alam dan sosial secara bersamaan.

“Dengan adanya kurikulum merdeka ini mudah-mudahan peserta didik lebih enjoy dalam belajar, kreatif dan diharapkan bisa lebih bebas memilih apa yang diminati sesuai minat dan bakatnya,” tuturnya.(acp/ysp)

0 Komentar